1/2 Ons Berapa Gram? Cara Hitung, Tangga Satuan, Contoh

Bppkibandung.id – Kilogram (kg), ons dan gram (g) adalah 3 satuan berat populer yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat konversi ketiganya menjadi kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Agar penghitungan lebih praktis, kamu harus tahu 1/2 ons berapa gram.

Dengan mengetahui dasar konversi ½ ons tersebut, maka aplikasinya pun akan jadi lebih mudah. Untuk itu, nilai konversi ½ ons ini wajib buat kamu pelajari terlebih dahulu. Seperti diketahui, ons adalah satuan yang tidak masuk ke dalam tangga satuan berat. Lantas, bagaimana penyelesaiannya?

Untuk dapat menyelesaikannya, maka kamu harus memahami bahwa nilai 1 ons itu setara dengan 1 hektogram (hg). Nah, kalau hektogram sudah pasti ada di tangga satuan berat dengan posisi tepat bawah kg. Dengan demikian, konversinya ke kg cukup mengalikan dengan angka 10.

Tangga Satuan Berat dalam Matematika

Untuk mengetahui jawaban dari 1/2 ons berapa gram, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu aturan tangga satuan berat. Dalam tangga tersebut diketahui posisi hg (ons) tepat di bawah kg, lantas dimanakah posisinya dalam tangga satuan berat jika acuannya adalah gram?

Baca Juga:  1 mL Berapa Tetes? Cara Hitung, Konversi, Contoh Soal

Agar lebih jelas, berikut ini adalah daftar tangga satuan berat yang wajib buat kamu ketahui:

Kg (Kilogram)

Hg (Hektogram/Ons)

Dag (Dekagram)

G (Gram)

Dg (Desigram)

Cg (Centigram)

Mg (Miligram)

Penting untuk kamu pahami bahwa tangga satuan berat memiliki aturan khusus berikut ini:

Konversi naik satu tangga maka nilainya x 10, naik dua tangga maka nilainya x (10 x 10) dan seterusnya

Konversi turun satu tangga maka nilainya : 10, turun dua tangga maka nilainya : (10 x 10) berlaku seterusnya

Dari daftar tangga di atas, bisa dilihat bahwa gram terletak dua tingkat di bawah hg (ons). Ini artinya, konversi hg (ons) ke gram bisa diselesaikan dengan mengalikan (10 x 10) atau 100.

Jadi, 1/2 Ons Berapa Gram?

Karena aturan dari tangga satuan berat sudah diketahui, maka langkah berikutnya adalah aplikasinya. Jika diketahui seseorang memiliki barang sebanyak ½ ons, maka berapakah beratnya jika sudah dikonversi ke dalam bentuk gram? Maka jawabannya adalah sebagai berikut:

½ hg (ons) = … gram

Baca Juga:  1 dm Berapa m?Cara Menjawab, Hitung Cepat, dan Contoh

= ½ x 100

= 100/2

= 50 gram

Berdasarkan perhitungan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ½ ons itu setara dengan 50 gram.

Dalam aplikasinya, hasil tersebut bisa kamu jadikan acuan untuk menyelesaikan konversi lain seperti: 7 ons = … gram? Setidaknya, cara cepat penyelesaiannya bisa menggunakan perkalian silang sebagai berikut:

½ ons → 50 gram

7 ons → y gram

½y = 50 x 7

y = 50 x 7 : ½

y = 50 x 7 x 2

y = 100 x 7

y = 700 gram

Jadi, 7 ons itu setara dengan 700 gram.

Dari pembahasan di atas, bisa dipastikan bahwa jawaban dari pertanyaan 1/2 ons berapa gram itu ternyata bisa dikembangkan untuk menjawab model pertanyaan matematika lainnya. Untuk itu, jangan pernah lelah mempelajari konversi tersebut. Selamat mencoba!