1 Ons Berapa Mili? Jawaban dan Cara Mengubah Satuan Berat

Bppkibandung.id – Meskipun sama-sama merupakan satuan metrik, ons dan mililiter (ml) merupakan dua satuan yang berbeda. Ons digunakan dalam satuan berat sementara ml digunakan untuk mengukur volume. Namun meskipun berbeda, keduanya bisa dikonversi. Jadi, 1 ons berapa mili?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus terlebih dahulu memahami konsep masing-masing satuan. Diketahui, ons merupakan satuan yang memiliki nilai konversi yang berbeda jika dilihat dari versi Indonesia dan internesional.

Perbedaan konversi ons ini disebabkan karena di Indonesia, ons berperan sebagai satuan hitung metriks. Sementara di Internasional, ons berperan sebagai satuan hitung imperial. Karena itulah, nilai konversi ons berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus hati-hati agar konversi dengan ml jadi lebih akurat.

Mengenal Satuan Ons dan Mililiter

Karena berasal dari dua satuan yang berbeda, kamu harus terlebih dahulu memahami kedua satuan tersebut secara mendalam sebelum menjawab 1 ons berapa mili. Dengan demikian, konsep konversi pun akan dengan mudah kamu lakukan. Jadi, apa saja perbedaan antara ons dan mililiter? Simak disini!

Baca Juga:  500 ml Berapa Liter Air? Cara Menghitung Sesuai Tangga Konversi

Ons

Seperti disebutkan sebelumnya, ons bisa berperan sebagai satuan metrik dan imperial. Dalam konsep satuan metrik, nilai konversi 1 ons dianggap setara dengan 100 gram. Sementara dalam satuan imperial, nilai konversi 1 ons setara dengan 28,3495.. gram (dibulatkan 28,34 gram).

Di Indonesia, satuan pengukurannya menggunakan sistem metrik. Dengan begitu, nilai 1 ons di Indonesia dianggap setara dengan 100 gram. Jika dikonversi dalam satuan volume, 10 ons disebut setara dengan 1 liter. Sehingga 1 ons = 0,1 liter.

Dalam aplikasinya, penggunaan ons kerap digunakan sebagai satuan berat untuk:

  • Buah-buahan, sayur-sayuran, rempah hingga daging-dagingan
  • Teh, susu, kopi dula dan lain sebagainya
  • Berbagai macam logam mulia

Mililiter

Sementara itu, mililiter (ml) merupakan satuan dalam sistem metrik yang juga digunakan untuk mengukur volume. Sama dengan liter, beberapa benda yang menggunakan ml sebagai satuan hitung adalah aneka produk makanan dan minuman hingga bensin, solar dan sejenisnya.

Dalam tangga satuan volume, diketahui bahwa posisi mililiter berada di 3 tingkat dibawah liter. Karena itu, konversi mililiter ke liter bisa diselesaikan dengan mengalikannya dengan (10 x 10 x 10) atau 1.000. Dengan demikian, 1 liter setara dengan 1.000 ml.

Baca Juga:  1 Liter Berapa Ons? Ini Cara Hitung dan Jawabannya

Jadi, 1 Ons Berapa Mili?

Dari data yang sudah dijabarkan diatas, diketahuo bahwa: 1 ons = 0,1 liter dan 1 liter setara dengan 1.000 mililiter. Dari kedua acuan tersebut, maka hasil dari 1 ons berapa ml itu sama dengan konversi liter ke milimeter. Adapun kalimat matematikanya adalah sebagai berikut:

1 ons = … ml?

0,1 liter = … ml?

= 0,1 x 1.000

= 100 ml

Dari perhitungan di atas, didapatkan hasil bahwa 0,1 liter itu setara dengan 100 ml. Karena 0,1 liter setara dengan 1 ons maka bisa disimpulkan jika jawaban dari pertanyaan 1 ons berapa mili adalah 100. Singkatnya, 1 ons setara dengan 100 ml.