200 mL Air Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Sendok makan adalah alat yang digunakan untuk mengambil makanan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam mulut. Alat ini sangat memudahkan untuk mengambil berbagai jenis makanan, termasuk yang berkuah. Lalu, bagaimana cara menghitung 200 mL air berapa sendok makan?

Satuan dari volume dalam skala kecil biasanya dinyatakan dalam milimeter (mL). Satuan tersebut biasanya digunakan untuk menghitung banyaknya cairan dalam ukuran wadah tertentu. Misalnya, saat membuat kue, adonan harus ditambahkan dengan air atau larutan dengan volume beberapa milimeter.

Kamu tentu akan kesulitan untuk mendapatkan volume yang tepat jika tidak memiliki gelas ukur. Namun, jangan khawatir karena di dalam rumah terdapat banyak alat ukur yang bisa digunakan. Salah satu contoh yang paling mudah ditemukan dan pengukurannya dipercaya adalah sendok makan.

200 mL Air Berapa Sendok Makan

Kamu tentu pernah menjumpai banyak sendok makan dengan berbagai ukuran. Ada yang lengkungannya berukuran kecil, sedang, hingga besar. Namun, sendok makan yang biasanya dipakai sehari-hari umumnya berukuran sedang karena pas untuk mengambil makanan dan cukup ringan.

Baca Juga:  Konversi 1 mL Berapa Gram dan Cara Menghitungnya

Sendok makan juga dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, baik plastik, kayu, baja, stainless steel, maupun logam. Meskipun demikian, sendok makan lebih banyak diproduksi yang berukuran sedang dengan kapasitas rata-rata sebanyak 15 mL. Untuk itu, cara menghitung 200 mL berapa sendok adalah:

1 sendok makan            = 15 mL

200 mL                         = … sendok makan?

                                    = 200 mL : 15 mL

                                    = 13,33 sendok makan

Jadi, 200 mL setara dengan 13,33 sendok makan

Dengan demikian, jika kamu membutuhkan cairan sebanyak 200 mL untuk dituang ke dalam wadah bisa menggunakan takaran tersebut. Ambil sebanyak 13 sendok makan terlebih dahulu lalu tambahkan dengan 0,33 untuk mencapai volume yang telah ditentukan.

200 mL Air Berapa Gelas

Selain 200 mL berapa sendok makan, kamu juga bisa mengukur cairan yang dengan volume 200 mL menggunakan gelas. Sama halnya dengan sendok makan, gelas juga bukan alat yang sulit didapatkan. Setiap rumah tentu memiliki wadah ini dan biasanya tidak hanya satu, melainkan cukup banyak.

Baca Juga:  25 Liter Berapa Kg? Konversi dan Cara Menghitungnya

Selain jumlahnya yang banyak, gelas juga memiliki banyak bentuk dan ukuran. Jika ingin mengetahui cara mengukur 200 mL menggunakan berapa gelas, maka tentukan ukuran gelas yang dijadikan acuan terlebih dahulu. Misalnya, gelas biasa yang sering dipakai sehari-hari berukuran 200 mL, maka:

1 gelas biasa    = 200 mL

200 mL             = … gelas biasa?

                        = 200 mL : 200 mL

                        = 1 gelas

Jadi, jika menggunakan takaran gelas biasa dengan daya tampung yang sama, akan lebih mudah. Cukup isi hingga penuh, maka volume airnya pasti 200 mL. Akan tetapi, jika ingin menghitung 200 mL Air berapa sendok makan, maka harus menuang air sebanyak 13, 33 kali untuk mencapai volumenya.