16 Oz Berapa mL? Cara Menghitung, Konsep dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Gelas plastik 16 oz banyak digunakan sebagai wadah atau kemasan minuman, baik oleh pedagang biasa maupun yang produksi pabrikan. Bagi orang awam mungkin tidak tahu gelas plastik ukuran 16 oz berapa ml sehingga bingung memperkirakan berapa banyak isinya.

Berapa oz ukuran gelas plastik sebaiknya diketahui oleh orang-orang yang berencana untuk membuka usaha minuman. Tujuannya supaya tahu pasti berapa banyak isi yang dapat ditampung dan bisa membantu untuk menentukan harga jualnya.

Ukuran Gelas 16 Oz Berapa Ml

Ukuran gelas plastik di pasaran ada beberapa jenis, salah satu yang paling sering digunakan adalah 16 oz. Ukuran gelas plastik yang akan dipakai hendaknya disesuaikan juga dengan apa yang diisikan supaya tidak tumpah.

Misalnya, gelas plastik yang ukurannya kecil bisa digunakan untuk mengemas air mineral ataupun jenis minuman lainnya tanpa tambahan es batu. Sedangkan kalau minumannya ditambah es batu sebaiknya pakai yang ukurannya lebih besar.

Baca Juga:  4 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Lebih jelas tentang ukuran oz dapat disimak di sini.

1. Oz Adalah

Ukuran oz berasal dari bahasa Spanyol, yang di Indonesia disebut dengan istilah ons. Sehingga dapat dikatakan bahwa 1 oz itu sama dengan 1 ons. Setelah mengetahui 1 oz berapa ons, kita jadi lebih mudah untuk mengkonversinya dalam ukuran mililiter (ml).

Jika diukur menggunakan cangkir, maka 1 ons cairan itu sama dengan sekitar 28,349 gram. Kalau dikonversikan lagi dalam satuan mililiter (ml), satu cangkir isinya sekitar 240 ml dan sepadan dengan 8 ons.

2. Ukuran Gelas 16 Oz

Berdasarkan rumus hitungan konversi diatas, maka selanjutnya bisa dihitung gelas 16 oz berapa ml isinya. Ukuran cangkir memang tidak sama, namun rata-rata setiap satu cangkir memuat cairan sebanyak 240 ml.

Jadi, kalau 16 oz itu ada berapa ml tinggal menghitungnya saja berdasarkan rumus konversi yang telah dijelaskan sebelumnya. Menurut rumus konversi oz ke ml, satu oz atau 8 ons itu seukuran dengan satu cangkir.

  • Satu cangkir : 240 atau 8 ons/ 8 oz,
  • 16 oz = 8 x 2 = 240 ml x 2 = 480 ml
Baca Juga:  18 Oz Berapa mL? Ini Cara Menghitung dan Konversinya

Dari perhitungan ini dapat diketahui bahwa gelas berukuran 16 oz itu bisa digunakan untuk mengemas minuman sebanyak 480 ml. Contoh penggunaan gelas 16 oz dalam kehidupan sehari-hari yaitu gelas rreguler yang ada di restoran cepat saji ataupun kafe dan tenant minuman kekinian.

Gelas ukuran 16 oz atau 480 ml tersebut pada umumnya dipakai sebagai wadah minuman yang menggunakan tambahan es batu, karena ukurannya yang tidak terlalu besar tetapi juga tidak begitu kecil.

Gelas 16 oz berapa ml mudah dihitung asal sudah tahu konversinya dalam satuan ons dan kemudian disetarakan dengan ukuran cangkir. Ukuran oz menggunakan standar yang diterapkan pada negara Italia dan Spanyol.