1 mL Berapa kg? Cara Menghitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Jumlah massa zat padat umumnya dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Sementara itu, satuan terkecil dari volume cairan dinyatakan dalam mililiter (mL). Lalu, nilai 1 mL berapa kg? Nah, artikel ini akan menjelaskan secara detail bagaimana cara untuk mengkonversi kedua satuan tersebut.

Pada dasarnya, mililiter dan kilogram digunakan dalam mengukur zat yang berbeda. Kilogram untuk mengukur massa zat padat sedangkan mililiter untuk volume cairan. Hal ini dapat dilihat pada berbagai produk kemasan yang diperjualbelikan di pasaran, seperti terigu 1 kg dan air gelas kemasan 220 mL.

Kemudian muncul pertanyaan apakah kedua satuan tersebut memiliki nilai yang sama jika dikonversi? Jawabannya adalah tidak, 1 mL tidak setara dengan kg karena kerapatan antara zat berbeda-beda. Jika ingin menentukan volume atau massa zat harus menggunakan rumus massa jenis.

1 mL Berapa kg

Materi konversi satuan biasanya dijelaskan dalam mata pelajaran fisika atau kimia. Bagi kamu yang pernah duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMA) dan mengambil jurusan IPA, tentu materi ini tidak asing lagi. Akan tetapi, beberapa orang menganggap konversi satuan cukup sulit dipelajari.

Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Menghitung dan Arti Satuan Cth

Untuk mengubah mL ke kg atau sebaliknya harus memperhatikan jenis zat yang akan diukur. Hal ini disebabkan karena massa jenis zat tersebut akan mempengaruhi nilai massa atau volumenya. Semakin besar kerapatan zat, maka massanya pun semakin besar tetapi volumenya lebih kecil.

Rumus:

Rho = m/v

Keterangan:

Rho       = massa jenis (kg/m3)

m         = massa zat (kg)

v          = volume zat (m3)

Penting untuk diketahui bahwa satuan internasional untuk massa jenis adalah kilogram dan volume adalah m3. Oleh karena satuan yang akan diukur adalah mL, maka m3 harus dikonversi ke dalam satuan tersebut. Sebagai contoh, gunakan massa air sebanyak 1 kg dan hasilnya menjadi:

          = 1 kg

            = 1 liter

            = 1.000 mL

1 mL berapa kg?

1 kg      = 1.000 mL

1 mL     = 1 : 1.000

            = 0,001 kg

Jadi, 1 mL setara dengan 0,001 kg.

100 mL ke kg

Setelah mengetahui nilai konversi diatas, maka akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya ke zat lain. Sebagai contoh, sebuah cairan dengan volume 100 mL akan diubah ke dalam satuan kg. Hitung hasil konversi satuan dari cairan tersebut berdasarkan nilai dari yang telah diketahui sebelumnya.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Kg? Ini Cara Menghitung dan Hasilnya

1 mL                 = 0,001 kg

100 mL             = 100 : 0,001 kg

                        = 100.000 kg

Dengan mengetahui 1 mL berapa kg akan membantu untuk menentukan massa suatu zat jika volumenya diketahui. Artinya, kamu bisa melakukan konversi satuan dan meskipun zatnya berbentuk padat maupun cair. Hasil perhitungan diatas diketahui bahwa 1 mL cairan setara dengan 0,001 kg.