2 Km Berapa Meter? Rumus Konversi Satuan Panjang

Salah satu konversi panjang yang amat sering digunakan adalah kilometer (km) ke meter (m). Dalam tangga satuan panjang, diketahui bahwa konversi km ke kilometer mengalami penurunan. Lantas, apa jawaban dari 2 km berapa meter? Sebelum menjawabnya, mari terlebih dahulu belajar dasarnya!

Satuan Panjang

Seperti diketahui dalam tangga satuan panjang, km dan meter bukanlah satu-satunya satuan yang ada. Selain km dan meter, kamu juga akan menemukan satuan lainnya seperti: Hektometer (hm), Dekameter (dam), Desimeter (dm), Centimeter (cm) dan yang terkecil adalah Millimeter (mm).

Dalam setiap penurunannya, tangga satuan panjang punya aturan yang wajib dipenuhi. Jika tidak dipenuhi, maka tentu saja hasil konversinya tidak akan akurat atau bahkan cenderung salah. Untuk itu, memahami aturan dan aplikasinya adalah kunci dari menghitung konversi panjang dengan mudah.

Aturan Penggunaan Tangga Satuan Panjang

2 KM sama dengan berapa meter

Sebelum membahas soal pertanyaan 2 km berapa meter ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu aturan penggunaan dan urutan dalam tangga satuan panjang. Diketahui, setidaknya ada 7 satuan panjang dalam daftar tersebut.

Baca Juga:  1 Ton + 50 Kuintal + 2300 Hg Berapa Ons? Ini Cara Hitungnya!

Jadi, kamu harus menghafalkan letak dari masing-masing satuannya. Lantas, seperti apa urutan tangga satuan panjang tersebut? Simak selengkapnya berikut ini:

Kilometer (Km)

  Hektometer (Hm)

    Dekameter (Dam)

      Meter (M)

        Desimeter (Dm)

          Centimeter (Cm)

            Milimeter (Mm)

Dari daftar di atas, semuanya sudah diatur berdasarkan urutannya. Diketahui, km menjadi satuan panjang tertinggi dan milimeter yang terkecil. Sementara itu, aturan penggunaan tangga satuan panjang tersebut adalah:

  1. Jika konversi mengalami penurunan tingkat satu kali, maka konversinya x 10
  2. Apabila mengalami kenaikan tingkat sebanyak satu kalii, maka konversinya :10
  3. Hati-hati! Kenaikan tingkat 2 kali bukan berarti nilai konversinya 2 x 10, tetapi 10 x 10. Jadi, jika mengalami penurunan 2 kali maka nilai konversinya x 100
  4. Sebaliknya, kenaikan tingkat 2 kali nilai konversinya : 100.

Dari uraian di atas, bisa diketahui bahwa konversi km ke meter mengalami penurunan tingkat sebanyak 3 kali. Ini artinya, untuk melakukan konversi tersebut, kamu harus mengalikannya dengan 10 x 10 x 10 atau 1.000.

Jadi, 2 km Berapa Meter?

Agar lebih jelas soal konversi panjang, langsung saja eksekusi dengan menyelesaikan contoh soal berikut ini!

Baca Juga:  Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

Contoh soal:

Ariya harus menempuh jarak sepanjang 2 km setiap hari jika berangkat ke sekolah. Jika Ariya berangkat ke sekolah selama 5 hari dalam seminggu, berapa meter total jarak yang ditempuh Ariya sepanjang perjalanan pulang pergi?

Pembahasan:

2 km = … meter?

= 2 x 1.000

= 2.000 meter

Jika jarak rumah Ariya ke sekolah adalah 2.000 meter, maka jarak tempuh perjalanan pulang pergi Ariya total adalah 4.000 meter setiap hari. Ariya ke sekolah selama 5 hari maka total jarak yang ditempuh dalam satu minggu adalah 4.000 x 5 hari = 20.000 meter.

Dari contoh soal di atas, sudah bisa dipastikan bahwa jawaban dari pertanyaan 2 km berapa meter adalah 2.000 meter. Soal sederhana ini kerap digabungkan dengan kisah matematika yang lain sehingga jawabannya bisa lebih rumit. Jadi, sering-seringlah latihan soal!