1/4 kg berapa ons? Cara Hitungnya dan Penerapan Sehari-hari

Bppkibandung.id – Tahukah kamu jika ternyata masyarakat Indonesia juga mengenal angka pecahan dalam kehidupan sehari-hari? Hal ini dibuktikan dengan maraknya perhitungan tentang seperempat (1/4) kilogram, setengah (1/2) kilogram hingga tigaperempat (3/4) kilogram. Jadi, 1/4 kg berapa ons?

Meskipun bukan angka bulat, namun ¼ kg ini sering kali digunakan sebagai acuan hitung baik itu di pasar tradisional maupun swalayan. Dengan demikian, bisa dibuktikan bahwa eksistensi pecahan sama populer dengan angka biasa. Ini artinya, perhitungan konversi dengan pecahan bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana aturan konversi pecahan? Sebenarnya, tidak ada aturan khusus. Hanya saja, kamu harus paham dasarnya, seperti: satu angka dibelakang koma artinya per 10, 2 angka dibelakang koma artinya per 100, demikian seterusnya. Jadi, bagaimana aplikasinya pada konversi berat?

Hasil Hitung Cepat 1/4 Kg Berapa Ons

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara hitung cepatnya, mari pahami dulu tentang aturan konversi kilogram ke ons. Diketahui, ons dianggap setara dengan hektogram (hg). Dalam tangga satuan berat konversi kg ke hg mengalami penurunan sebanyak 1 tingkat.

Baca Juga:  1 Gram Berapa Sendok Makan? Takaran dan Cara Hitung

Karena penurunannya hanya 1 tingkat, maka konversi ons (hg) ke kg ini dibagi 10. Dengan demikian, maka jawaban dari ¼ kg = … ons (hg) adalah sebagai berikut:

¼ kg = … ons (hg)

= ¼ kg : 10

= ¼ x 10/1

= 10/4

= 5/2 ons

Jadi, dalam bentuk pecahan diketahui bahwa nilai dari ¼ kg itu setara dengan 5/2 ons.

Dari hasil peembahasan tersebut, penggunaan pecahan 5/2 memang dianggap tidak umum. Oleh sebab itu, kamu juga bisa mengubahnya menjadi bentuk pecahan desimal. Seperti diketahui 5/2 adalah kata lain dari 5 : 2. Jadi, bentuk desimal 5/2 ons adalah 2,5 ons.

Penerapan ¼ Kilogram dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui tentang 1/4 kg berapa ons, maka kamu akan dibawa untuk mengenal penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan kata ¼ kg umumnya banyak digunakan di pasar tradisional, swalayan hingga toko kelontong untuk satuan berat sembako.

Supaya penerapannya bisa lebih mudah diterima, berikut ini adalah beberapa contoh soal yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari:

Baca Juga:  Jawaban 1 Liter Berapa Mili Sesuai Konversinya

Contoh Soal:

Asrudi membutuhkan ¼ kilogram daging untuk membuat satu kali adonan bakso. Lantas, berapakah ons total jumlah daging yang dibutuhkannya jika ia akan membuat 10 kali adonan bakso?

Pembahasan:

Diketahui bahwa ¼ kilogram itu setara dengan 5/2 atau 2,5 ons. Ini artinya, jumlah total daging yang dibutuhkan adalah 5,2 ons dikali 10 kali. Jadi, jawabannya adalah:

Jumlah total daging yang dibutuhkan = jumlah 1 kali adonan x 10

= 5/2 x 10

= 5 x 5

= 25 ons

Dari hasil perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah total daging yang dibutuhkan Asrudi untuk membuat 10 adonan baksi adalah 25 ons.

Setelah memahami 1/4 kg berapa ons dan contoh soal di atas, bisa dilihat bahwa sebenarnya konversi satuan berat adalah hal yang mudah dilakukan. Syarat dan cara hitung cepatnya adalah dengan memahami dan menghafal beberapa poin dan aturan pentingnya.