1 Ons Berapa Kg? Ini Cara Menghitung dan Hasilnya

Bppkibandung.id – Pernah mendengar satuan ons sebagai salah satu satuan berat? Tentu saja pernah. Hal ini disebabkan karena ons merupakan salah satu satuan berat paling populer setelah kilogram dan gram. Sayangnya, banyak orang yang bingung bagaimana cara menghitung 1 ons berapa kg.

Kebingungan soal perhitungan konversi ons ke kg ini disebabkan karena ketiadaan ons di dalam daftar satuan berat. Yap! Kamu tidak salah dengar. Meskipun sering kali digunakan, namun kenyataannya ons tidak ada di dalam tangga satuan berat, lho. Bagaimana bisa?

Sebenarnya, meski tidak ada di dalam daftar tangga satuan berat, penggunaan ons bahkan sudah diakui secara internasional. Hanya saja, ketetapan nilai ons internasional sangat berbeda dengan nilai ons di Indonesia. Jadi, mengapa hal ini bisa terjadi?

Asal Mula Perhitungan Ons

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa standar konversi ons internasional itu berbeda dengan Indonesai. Menurut standar internasional, 1 ons itu setara dengan 28,3495… gram (dibulatkan menjadi 28,34 gram).  Jadi, 1 ons berapa kg?

Baca Juga:  6 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung, Rumus, Contoh Soal

Jika dikonversi ke kilogram, maka 1 ons setara dengan 0,02834 kilogram. Namun ingat, hasil tersebut mengacu pada perhitungan internasional sehingga nilainya menjadi tidak tepat jika diaplikasikan ke Indonesia.

Menurut catatan sejarah, perbedaan perhitungan konversi ons ini disebabkan karena efek dari penjajahan Belanda selama ratusan tahun silam. Selama itu, Belanda menggunakan sistem perhitungan ons yang berbeda dengan internasional.

Hal ini yang akhirnya menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia hingga sekarang. Hasilnya, ditetapkah bahwa nilai dari ons di Indonesia masih mengacu pada warisan Belanda tersebut. Jadi, berapa perhitungan konversi ons ke kilogram berdasarkan perhitungan versi Indonesia?

Hasil Perhitungan 1 Ons Berapa Kg

Berdasarkan ketetapan konversi satuan berat, disebutkan bahwa nilai 1 ons itu setara dengan 1 hektogram (hg). Oleh sebab itu, meskipun tidak ada di dalam daftar tangga satuan berat, namun konversi ons ke kilogram masih menjadi hal yang mungkin dilakukan.

Seperti diketahui, 1 hg itu setara dengan 0,1 kg karena mengalami kenaikan tangga sebanyak satu kali. Jika mengalami kenaikan, maka nilainya dibagi dengan 10. Ini artinya, 1 ons juga setara dengan 0,1 kilogram atau jika diubah dalam bentuk pecahan maka hasinya menjadi 1/10 kilogram.

Baca Juga:  1 m Berapa dm? Ini Rumus Menghitung dan Jawabannya

Supaya kamu bisa lebih mudah memahami, berikut ini adalah contoh soalnya:

Contoh soal:

Anjani memiliki sisa tepung sebanyak 50 ons untuk membuat adonan kue. Jika keseluruhan adonan kue membutuhkan tepung sebanyak 200 ons, berapa kilogram kekurangan tepung yang harus dibeli Anjani?

Pembahasan:

Diketahui total jumlah tepung yang dibutuhkan: 200 ons. Anjani memiliki sisa tepung 50 ons. Jadi, kekurangan tepung yang harus dibeli adalah 200 – 50 = 150 ons. Jadi 150 ons = … kg?

Disebutkan bahwa konversi ons ke kg bisa dikali dengan 0,1. Jadi:

Jadi 150 ons (hg) = … kg?

= 150 : 10

= 15 kg

Jadi, sisa tepung yang perlu dibeli Anjani adalah 15 kg.

Dengan demikian, sudah bisa ditarik kesimpulan mutlak bahwa jawaban dari pertanyaan 1 ons berapa kg adalah 0,1 kg. Adapun cara penyelesaiannya bisa dilakukan hanya dengan membagi nilai awal dengan angka 10.