1 mL Berapa cc? Ini Konsep Dasar dan Cara Menghitungnya

Bppkibandung.id – Berapa cc 1 ml itu mungkin menjadi pertanyaan kebanyakan orang yang masih awam dengan satuan ukuran. Pertanyaan 1 ml berapa cc sering terlintas dibenak ketika melihat tulisan dalam kemasan produk, utamanya zat cair.

Satuan mililiter dan cc sama-sama sering dipakai untuk menyatakan volume benda cair. Arti cc adalah sentimeter kubik atau dilambangkan dengan satuan cm3. Mililiter (ml) dan sentimeter kubik (cc) biasanya digunakan untuk satuan volume yang relatif kecil, seperti parfum misalnya.

Menghitung 1 Ml Berapa Cc

Ketika membeli parfum dalam kemasan botol maupun isi ulang, volumenya tidak menggunakan liter melainkan ml atau cc. Kebanyakan produk memang memakai satuan ml namun tidak sedikit yang dijual dalam cc, seperti parfum isi ulang.

Penggunaan satuan ml dan cc tidak hanya terbatas pada produk-produk komersial saja, seperti susu, shampo, parfum dan sebagainya. Konversi 1 ml itu ada berapa cc juga harus dipahami oleh mereka yang bekerja dibidang farmasi, kuliner dan industri lainnya.

Baca Juga:  650 mL Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Sesuai Ukuran Gelas

1. Takaran Ml dan Cc

Jika diamati dengan teliti, satuan mililiter dan cc seringkali digunakan secara bergantian. Artinya apa? Dari penggunaan secara bergantian tersebut bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ml dan cc merupakan satuan yang nilainya sepadan atau setara.

Menurut standar konversi, 1 milimeter (ml) mempunyai nilai yang setara dengan 1 sentimeter kubik (cc). Perbedaan ml dan cc hanya pada penggunaannya secara umum saja. Satuan ml lebih sering dipakai pada jenis benda-benda cair, seperti minuman jus, susu, parfum dan sebagainya.

Sedangkan satuan sentimeter kubik (cc) pada umumnya digunakan untuk mengukur benda-benda berupa gas ataupun padatan. Contoh penggunaan satuan cc misalnya untuk mengukur kadar oksigen, karbondioksida ataupun bentuk gas lainnya.

2. Konversi Ml ke Cc

Jadi, 1 ml berapa cc bagaimana cara mengkonversikannya? Karena mililiter (ml) dan sentimeter kubik (cc) memiliki nilai yang setara, maka tidak perlu lagi dilakukan konversi pada kedua satuan tersebut. Satuan ml dan cc bisa langsung digunakan secara bergantian tanpa perlu konversi.

Baca Juga:  1/4 Ons Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dengan Cepat

Misalnya. Kamu membeli susu UHT kemasan dengan isi 1500 ml itu berapa cc? Untuk menjawabnya tidak perlu rumus konversi yang rumit, bisa langsung diganti saja satuannya, yaitu :

  • 1 ml =1 cc
  • 1500 ml itu berarti 1500 cc.

Contoh lainnya, penjual parfum menyediakan botol kemasan dengan kapasitas 250 ml, berapa cc volume yang dapat ditampung? Caranya :

  • 250 ml = 250 cc

Jadi daya tampung botol parfum adalah sebanyak 250 cc.

1 ml berapa cc bukan  merupakan konsep yang sulit untuk dipahami. Sistem konversi satuan telah menetapkan bahwa 1 ml itu sama dengan 1 cc. Jadi, kalau benda dengan volume 100 ml maka artinya setara dengan 100 cc, begitu juga jika menggunakan bilangan atau besaran lainnya.