1 mL Berapa Tetes? Cara Hitung, Konversi, Contoh Soal

Bppkibandung.id – Pipet menjadi alat yang sering digunakan untuk mengambil cairan dalam jumlah sedikit. Sayangnya, cairan yang keluar dari pipet berupa tetes, bukan satuan baku. Supaya didapatkan takaran yang pas, harus dicari dulu 1 ml berapa tetes untuk memudahkan pengukuran.

Dibidang medis juga sering dijumpai obat yang dosisnya diberikan dalam satuan ml, tetapi tidak menyediakan sendok ukur. Untuk memudahkannya, kadang-kadang orang memakai pipet untuk mengambil obat sirup dari botol dan langsung mengkonsumsinya.

1 Ml Berapa Tetes

Penggunaan pipet saat mengkonsumsi obat sirup dalam beberapa kondisi memang lebih praktis dan mudah. Masalahnya adalah kita tidak tahu 1 ml itu berapa tetes, sehingga bisa saja dosis obat menjadi terlalu banyak atau malah kurang..

Supaya tetap bisa menggunakan pipet ketika mengkonsumsi obat-obatan ataupun mengaplikasikan kosmetika tertentu, ketahui dulu  1 ml itu sama dengan berapa cc untuk mendapatkan takaran yang tepat.

Baca Juga:  1000 cm Berapa dm? Jawaban dan Cara Hitung Satuan Panjang

1. Menghitung Ml ke Tetes

Bagaimana cara menghitung 1 ml ada berapa tetes? Tentu saja dengan menggunakan rumus konversi. Meskipun ml ke tetes tidak memiliki rumus konversi yang baku, namun kesepakatan yang digunakan adalah 1 ml sepadan dengan 20 tetes.

Jadi kalau ada pertanyaan seperti di atas, jawabannya adalah 20 tetes. Bagaimana kalau pertanyaannya dibalik menjadi 1 tetes berapa ml, maka perhitungannya adalah :

  • 1 ml =20 tetes
  • 1 tetes = 1/20 ml = 0,05 ml
  • Dosis 10 tetes = 0,05 x 10 = 0,5 ml.

2. Konversi Ml ke Tetes

Sebenarnya, komversi ml ke tetes tidak memiliki ukuran yang baku. Hanya saja khusus untuk air, takaran 1 ml itu setara 0,05 tetes. Untuk jenis cairan yang berbeda mungkin saja takarannya menjadi tidak sama, akibat pengaruh dari beberapa hal, contohnya kepadatan zat dan kepekatan.

3. Contoh Soal

Kalau sudah tahu berapa tetes 1 ml itu, maka lebih mudah untuk mengukur atau menakar dosis obat secara tepat. Contoh soal ml ke tetes yang lainnya yaitu jika setiap kali mengaplikasikan obat telinga, dosisinya adalah 5 tetes.

Baca Juga:  200 mL Berapa Sendok Makan? Cara Hitung & Jawaban

Pada kemasan obat tetes telinga tidak disediakan pipet melainkan hanya ada sendok kecil dengan ukuran ml. Bagaimana cara memakai obat dengan dosis tepat menggunakan pipet? Kamu tinggal hitung saja berdasarkan rumus konversi yang ada.

Caranya adalah :

  • 1 tetes = 0,05 ml, maka kalau harus menggunakan
  • 5 tetes 5 x 0,05 = 0,25 ml.

Sekarang ambil sendok ukurnya dan tuangkan obat sebanyak 0,25 ml yang memiliki takaran sama dengan 5 tetes. Lakukan cara yang sama untuk dosis yang lainnya.

Meskipun belum ada rumus yang baku, namun disepakati bahwa 1 ml berapa tetes adalah 20 tetes. Artinya, 20 tetes itu setara dengan 1 ml, atau kalau 1 tetes sama dengan 1/20 tetes. Sehingga, kalau ingin menghitung dosis obat dan sebagainya gunakan patokan 1 ml setara 0,05 ml.