1 m Berapa hm? Cara Menghitung Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Satuan panjang adalah konversi yang digunakan untuk menentukan ukuran panjang. Ada banyak satuan panjang yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan pengukuran. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transformasi nilai yang setara dengan satuan yang berbeda seperti 1 m berapa hm.

Karena dalam beberapa kasus satuan tertentu akan lebih dibutuhkan, misalnya ketika mengukur jarak dari rumah ke sekolah atau dari suatu lokasi ke lokasi tertentu. Umumnya untuk kasus tersebut, satuan kilometer (km) lebih banyak digunakan terutama jika jaraknya jauh.

Namun jika jaraknya sangat dekat, maka bisa juga dengan menggunakan satuan meter (m). Jadi bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan. Tujuan dari melakukan konversi satuan ini juga untuk mempermudah proses perhitungan.

Macam-Macam Satuan Panjang

Memahami konsep dari satuan panjang bisa dimulai dengan mempelajari prinsip dari tangga satuan panjang. Atau dalam dunia Matematika tangga tersebut juga sering disebut sebagai tangga konversi. Tangga ini nantinya bisa digunakan untuk menghitung konversi dari 1 m berapa hm.

Baca Juga:  Jawaban 1 Liter Berapa Mili Sesuai Konversinya

Semua kegiatan pengukuran pasti menggunakan salah satu dari jenis satuan panjang yang ada. Adapun pengertian dari pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu benda yang diukur menggunakan satuan yang telah ditetapkan. Satuan panjang sendiri terdiri dari 7 macam, yaitu:

  • Kilometer (km)
  • Hektometer (hm)
  • Dekameter (dam)
  • Meter (m)
  • Desimeter (dm)
  • Centimeter (cm)
  • Milimeter (mm)

Ketujuh satuan panjang di atas bisa digunakan untuk melakukan pengukuran banyak hal dalam kehidupan, diantaranya yaitu untuk mengukur panjang benda, luas, volume, kecepatan, debit air dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang

Sebelum sempat disinggung mengenai tangga satuan panjang atau tangga konversi. Jadi tangga tersebut fungsinya yaitu mengubah nilai dari suatu sistem satuan pengukuran ke satuan yang lainnya.

Tangga satuan panjang berisikan 7 macam satuan panjang yang disusun berurutan membentuk sebuah tangga. Dari sinilah kamu bisa menghitung faktor konversi satuan panjang, dengan ketentuan untuk setiap turun satu tangga dikali dengan 10 dan naik satu tangga dibagi dengan 10.

Jadi apabila dari satu satuan ke satuan lainnya harus naik tangga sebanyak 2 kali maka nilainya bisa dikalikan dengan 100 (10 x 10).

Baca Juga:  12 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung Sesuai Rumus Berat

1 M Berapa Hm?

Selanjutnya agar lebih memahami mengenai konversi dalam satuan panjang, berikut ini merupakan contoh soal dan juga pengerjaannya.

Berapa nilai dari 1 m dalam satuan hm? Dari pertanyaan tersebut bisa disimpulkan bahwa kamu harus merubah nilai dari satuan m menjadi hm. Jika dilihat dari tangga satuan panjang, maka harus naik sebanyak 2 tangga untuk merubahnya, sehingga hasilnya adalah:

1 m = 1 ÷ (10 x 10) hm

1 m = 1 ÷ 100 hm

1 m = 0,01 hm

Satuan panjang tidak lepas dalam kegiatan pengukuran sehari-hari. Oleh karenanya, memahami bagaimana cara mengkonversi nilai dari 1 m berapa hm penting diketahui, terutama bagi kamu yang sering terlibat dalam kegiatan pengukuran.