45 Gram Berapa Sendok Makan? Konversi dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Takaran sudah menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat kue ataupun roti. Masalahnya, banyak sekali yang masih bingung 45 gram berapa sendok makan atau sebaliknya. Hal ini seringkali dialami mereka yang tidak punya timbangan atau gelas ukur.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menghitung takaran gram dalam sendok makan atau sdm. Meskipun begitu, jangan sampai salah dalam perhitungan karena berpengaruh terhadap rasa masakan. Agar tidak keliru, perhatikan ulasan selengkapnya yang disampaikan di bawah ini.

Tabel konversi Gram ke Sendok Makan

Jika ingin menghitung satuan gram ke takaran sendok makan, kamu harus paham prinsip konversinya. Konversi dibuat untuk memudahkan seseorang ketika ingin mengukur takaran cooking atau baking.

Setiap satu sendok makan (1 sdm) memiliki takaran yang sebanding dengan 15 gram. Sedangkan untuk detail konversi dari satuan gram ke sendok makan adalah sebagai berikut ini:

  • 5 gram sama dengan 0,3 sdm
  • 10 gram setara dengan 0,6 sdm
  • 15 gram setara dengan 1 sdm
  • 20 gram setara dengan 1,3 sdm
  • 25 gram setara dengan 1,6 sdm
  • 30 gram setara dengan 2 sdm
  • 50 gram setara dengan 3,3 sdm
  • 100 gram setara dengan 6,6 sdm
  • 125 gram setara dengan 8,3 sdm
  • 150 gram setara dengan 10 sdm
Baca Juga:  50 mL Berapa Sendok Makan dan Sendok Teh? Ini jawabannya

Konversi gram ke sdm ini adalah secara umum sehingga tidak ada perbedaan dalam setiap bahan. Seperti misalnya 10 gram gula atau garam maka hasilnya sama, yaitu 0,6 sendok makan.

Takaran 45 Gram Berapa Sendok Makan?

Tabel konversi memang akan memudahkan dalam menjawab segala pertanyaan terkait takaran gram ke sdm. Takaran ini kerap digunakan untuk menghitung garam, gula, tepung, dan lainnya. Lalu, sebenarnya 45 gram berapa sendok makan?

45 gram bahan olahan atau masakan ini memiliki takaran yang setara dengan 3 sendok makan. Perhitungan tersebut didapatkan dari 45 gram dibagi dengan angka 15 yang hasilnya adalah 3 sendok makan.

Jika hasilnya ingin diubah lagi menjadi ukuran sendok teh (sdt) atau lainnya maka tak kalah mudah. Kamu tinggal mengkalikan hasil perhitungannya yaitu 3 x 3 sehingga hasilnya adalah 9. Hal ini karena dalam 1 sendok makan memiliki takaran yang sama dengan 3 sendok teh.

Contoh Soal

Untuk menyempurnakan pembahasan kali ini maka akan dibagikan beberapa contoh soalnya, yaitu:

Contoh soal 1

250  gram berapa sendok makan beras?

Baca Juga:  180 mL Berapa Gram? Cara Konversi dan Menghitungnya

Diketahui:

1 sdm = 15 gram

Jawaban:

Sendok makan = 250 gram : 1 sdm

=  250 gram : 15 gram

= 16,7 atau 17 sdm

Contoh Soal 2

120 gram berapa sendok makan garam?

Diketahui:

1 sdm = 15 gram

Jawaban:

Sendok makan = 150 gram : 1 sdm

= 150 gram : 15 gram

= 10 gram

Konversi takaran dari  gram ke sdm akan membantu untuk mengaplikasikan bahan masakan. Melalui tabel konversi, perhitungan 45 gram berapa sendok makan terjawab dengan mudah. Kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan timbangan digital atau sejenisnya saat memasak.