160 mL Berapa Gelas dan Sendok Makan? Ini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Berbeda dengan benda padat yang dapat diukur secara langsung, benda cair harus ditempatkan ke dalam wadah terlebih dahulu. Bentuknya pun akan mengikuti bentuk dari wadah tersebut. Mengukur 160 mL berapa gelas sebenarnya tidak ada aturan tetap karena ukuran gelas berbeda-beda.

Pada dasarnya, gelas bukanlah satuan pengukuran volume secara baku. Akan tetapi, banyaknya cairan dalam satuan mL dalam satu gelas dapat dihitung jika mengetahui ukuran gelas yang digunakan. Semakin besar ukuran gelas tersebut, maka jumlah cairan yang dapat ditampung pun semakin besar.

Begitupun sebaliknya, semakin kecil ukuran gelas, maka semakin sedikit pula jumlah cairan yang dapat ditampung. Oleh karena itu, sebelum menghitung banyaknya air yang ditampung, harus menentukan ukuran gelas terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan gelas ukuran 200 mL, 400 mL, dan lain-lain.

160 mL Berapa Gelas

Untuk memudahkan perhitungan, gelas yang digunakan adalah gelas air mineral. Kamu pasti tidak asing lagi dengan gelas tersebut karena sudah sangat umum diperjualbelikan. Berdasarkan keterangan yang tertulis pada bagian kemasan, ukuran air gelas mineral adalah 220 mL.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Liter? Rumus Menghitung dan Pembahasannya

Dengan begitu, jika 160 mL dapat diperkirakan kurang dari satu gelas. Namun, untuk mendapatkan hasil yang akurat, harus dilakukan perhitungan secara rinci. Jangan khawatir, perhitungan yang digunakan cukup sederhana karena hanya menggunakan operasi pembagian seperti berikut.

1 gelas             = 220 mL

160 mL             = … gelas?

                        = 160 mL : 220 mL

                        = 0,73 gelas

Jadi, 160 mL adalah 0,73 gelas.

Lalu, jika cairan dituang dalam gelas, kira-kira berapa persentase tingginya dari dinding kemasan? Untuk menghitung hal tersebut, cukup kalikan 0,73 dengan 100%, maka akan didapatkan 73%. Jadi, jika cairan sebanyak 160 mL dimasukkan ke dalam gelas kemasan, akan terisi sebanyak 73%.

160 mL Berapa Sendok Makan

Setelah mengetahui 160 mL berapa gelas, selanjutnya kamu mungkin akan penasaran jika dengan jumlah tersebut berapa sendok makan. Sama halnya dengan gelas, sendok makan juga bukan satuan ukuran volume yang baku. Akan tetapi, peralatan tersebut sering digunakan untuk mengukur volume.

Satu sendok makan setara dengan 15 mL atau 15 cc. Artinya, untuk menghitung berapa sendok makan dari 160 mL adalah dengan membaginya dengan ukuran standar. Jika kamu ingin memasukkan cairan dengan ukuran sendok makan, dapat menggunakan perhitungan berikut.

Baca Juga:  350 mL Berapa Gelas Besar, Belimbing & Plastik? Ini Jawabannya

1 sendok makan            = 15 mL

160 mL                         = … sendok makan?

                                    = 160 mL : 15 mL

                                    = 10,67 sendok makan

Jadi, ukuran 160 mL setara dengan 10,67 sendok makan. Ukuran tersebut akan pas jika kamu ingin memasukkan cairan ke dalam wadah dengan takaran tertentu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa 15 mL setara dengan satu sendok makan, bukan sendok teh.

Menghitung 160 mL berapa gelas sudah dilakukan dengan mendapatkan hasil yaitu 0,73. Artinya, jika ingin memasukkan atau menambahkan cairan dengan jumlah tersebut bisa memenuhi 73% dari gelas kemasan. Namun, jika menggunakan gelas dengan ukuran yang berbeda, maka hasilnya berbeda pula.