170 mL Berapa Gelas? Begini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Dalam satuan internasional, volume cairan diukur dalam bentuk m3. Artinya, banyaknya cairan secara baku dinyatakan dalam satuan tersebut. Akan tetapi, kamu juga bisa menyatakannya dalam satuan lain, seperti gelas. Misalnya, menghitung cairan 170 mL berapa gelas yang harus digunakan.

Gelas dikenal sebagai wadah yang digunakan untuk menyimpan air yang nantinya akan diminum. Dalam beberapa kondisi, jumlah cairan yang ada dalam gelas harus diukur, seperti saat akan membuat kue. Tidak semua orang memiliki gelas ukur yang bisa dipakai untuk menghitung jumlah cairan.

Oleh karena itu, gelas seringkali digunakan sebagai alternatif untuk mengukur cairan seperti air. Sayangnya, setiap gelas yang ada di rumah cenderung memiliki ukuran yang berbeda. Bahkan, sebagian besar gelas tidak tertulis volumenya sehingga menjadi sulit untuk diketahui.

Cara Menghitung 170 mL Berapa Gelas

Setiap rumah tentu memiliki peralatan makan, termasuk gelas. Selain untuk minum, benda ini juga dipakai untuk mengukur banyaknya cairan atau bahan lain seperti gula pasir dan tepung. Sebagai alat ukur, seseorang tentu ingin mengetahui jumlah tertentu dari bahan yang dimasukkan ke dalam gelas.

Baca Juga:  6 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung & Jawaban

Misalnya, kamu membutuhkan air sebanyak 170 mL untuk dicampurkan ke dalam adonan kue. Sayangnya, di rumah tidak ada gelas ukur yang memiliki volume tepat dengan angka tersebut. Lalu, bagaimana cara menghitung bahan atau cairan sebanyak 170 mL di dalam gelas? Berikut caranya.

1. Memilih Gelas

Seperti yang diketahui, gelas di rumah umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, model, serta ukuran. Hal inilah yang menyebabkan sebelum menghitung harus memilih gelas terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencari gelas dengan volume yang mendekati dengan nilai yang dibutuhkan.

Jika tidak ada, maka pilih gelas yang memiliki ukuran volume yang diketahui. Umumnya, volume atau kapasitas gelas tertulis di bagian bawah atau samping sehingga bisa dicek secara langsung. Akan tetapi, untuk memudahkan perhitungan kali ini, kamu bisa menggunakan gelas aqua plastik (kemasan).

2. Menghitung Volume

Setelah memiliki gelas ukur, yaitu aqua kemasan, selanjutnya kamu harus menghitung 170 mL berapa gelas. Nah, gelas aqua kemasan penuh diketahui memiliki volume 240 mL. Artinya, untuk mendapatkan volume 170 mL harus mengisi gelas aqua dengan kondisi tidak penuh. Caranya:

Baca Juga:  50 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Perkiraannya

1 gelas Aqua kemasan  = 240 mL

170 mL             = … gelas?

                                    = 170 mL : 240 mL

                                    = 0,7083 gelas (dibulatkan)

                                    = 0,71 gelas

Jadi, 160 mL setara dengan 0,71 gelas aqua kemasan

Tidak sulit untuk mencari gelas aqua kemasan karena banyak diperjualbelikan di warung, minimarket, pasar, dan pusat perbelanjaan lainnya. Jika menggunakan wadah tersebut untuk mengukur 170 mL berapa gelas, maka kamu hanya perlu memasukkan cairan sebanyak 0,71 gelas atau sekitar 71%.