180 mL Air Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung Takarannya

Bppkibandung.id – Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tentu membutuhkan air. Mulai untuk mandi, minum, mencuci, memasak, dan berbagai aktivitas lainnya. Air dapat diukur dengan satuan m3, liter, atau berdasarkan wadah yang ditempatinya. Misalnya, menghitung 180 mL air berapa sendok makan.

Kamu mungkin pernah minum obat sesuai dengan anjuran dokter sebanyak 1x sendok makan setiap hari. Dalam takaran tersebut, dokter tidak menggunakan satuan baku m3, melainkan sendok makan. Namun, ukuran sendok makan sudah diperkirakan setara dengan dosis obat yang dibutuhkan tubuh.

Sama halnya dengan air, juga seringkali diukur menggunakan takaran sendok makan. Cara ini biasanya dilakukan saat melakukan percobaan (penelitian) maupun untuk membuat masakan atau kue. Dengan menggunakan takaran sendok makan, pencampuran antar bahan menjadi lebih pas.

Apa Itu Takaran Sendok Makan?

Pada dasarnya, takaran sendok makan adalah ukuran untuk sendok makan yang umum digunakan sehari-hari. Jenis sendok ini berbeda dengan sendok teh karena memiliki ukuran yang lebih besar. Bahkan, untuk mendapatkan volume yang sama dengan satu sendok makan, harus 3 kali sendok teh.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung dan Jawabannya

Banyaknya cairan atau bahan yang dapat ditampung oleh sendok makan tergantung dengan ukuran serta besar lengkungannya. Meskipun demikian, rata-rata satu sendok makan setara dengan 15 mL atau 15 cc. Sementara itu, untuk satu sendok teh biasanya sama dengan 5 mL atau 5 cc.

180 mL Air Berapa Sendok Makan

Setelah mengetahui ukuran sendok makan berapa mL, maka akan lebih mudah untuk menghitung nilai tertentu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan sendok makan menjadi alat ukur saat ingin menambahkan air sebanyak 180 mL ke dalam wadah. Lalu, berapa sendok makan yang digunakan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan perhitungan yang sederhana. Kamu hanya perlu membagi jumlah air yang akan dipakai dengan volume satu sendok makan. Setelah itu, jumlah sendok makan atau berapa kali benda tersebut dipakai dapat dihitung dengan cara berikut ini.

1 sendok makan            = 15 mL

180 mL                         = … sendok makan?

                                    = 180 mL : 15 mL

                                    = 12 sendok makan

Jadi, jawaban dari pertanyaan 180 mL berapa sendok makan adalah 12.

Baca Juga:  1 mm Berapa dm? Ini Cara Hitung Pakai Tangga Satuan Panjang

Perlu diketahui bahwa 12 sendok makan artinya jumlah kamu harus menyendok air, bukan mengisi 12 sendok sekaligus dengan air. Sebenarnya, hal tersebut juga benar, tetapi akan lebih merepotkan. Apalagi, yang diukur adalah air, dimana jika diletakkan begitu saja akan tumpah sehingga tidak efektif.

Sendok makan termasuk peralatan yang sering digunakan untuk mengukur jumlah atau volume air. Selain mudah untuk ditemukan, sendok makan juga praktis untuk digunakan. Menghitung 180 mL air berapa sendok makan dapat dilakukan jika sudah mengetahui volume rata-rata dari satu sendok.