Cara Hitung 700 mL Berapa Gelas Belimbing dan Gelas Biasa

Bppkibandung.id – Pertanyaan 700 mL berapa gelas seringkali muncul saat berurusan dengan makanan atau minuman. Hal ini tentu tidak asing mengingat manusia setiap hari pasti akan makan dan minum. Jadi, mengetahui volume atau jumlah air dalam suatu wadah menjadi cukup penting untuk diketahui bagi setiap orang.

Saat memasak, kamu membutuhkan air dalam jumlah tertentu. Jumlah tersebut harus pas jika beras yang akan dimasak menjadi nasi dengan kematangan yang sempurna. Dalam hal ini, jumlah air menjadi sangat berpengaruh terhadap hasil masakan. Selain nasi, air juga dibutuhkan untuk masakan lain.

Nah, menakar jumlah air dapat dilakukan dengan menggunakan gelas. Alat makan ini memang terdiri dari banyak ukuran sehingga tidak bisa dipakai tanpa perhitungan yang jelas. Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mengukur adalah mengetahui kapasitas yang bisa ditampung gelas tersebut.

700 mL Berapa Gelas Biasa

Pada dasarnya, tidak ada jenis gelas yang dikenal sebagai gelas biasa. Akan tetapi, penyebutan tersebut merujuk pada jenis gelas yang umum dimiliki setiap orang di rumah masing-masing. Gelas ini memiliki volume atau daya tampung yang standar untuk digunakan saat minum, yakni sekitar 200 mL.

Baca Juga:  130 mL Berapa Sendok  Makan? Cara Konversi Tanpa Kalkulator

Untuk memudahkan perhitungan, volume gelas tersebut akan dijadikan acuan untuk menentukan berapa gelas dari 700 mL. Dalam hal ini, kamu bisa menganggap jika dengan volume 700 mL akan ditampung oleh 3-4 gelas. Namun, untuk mendapatkan perhitungan yang detail, bisa dengan cara:

1 gelas biasa    = 200 mL

700 mL             = … gelas biasa?

                        = 700 mL : 200 mL

                        = 3,5 gelas biasa

Jadi, untuk menampung air sebanyak 700 mL dibutuhkan sebanyak 3,5 gelas biasa ukuran 200 mL. Artinya, 4 gelas dan 3 diantaranya dalam keadaan penuh sedangkan satu sisanya hanya terisi setengah.

700 mL Berapa Gelas Belimbing

Selain gelas biasa, juga terdapat gelas belimbing yang banyak digunakan orang-orang. Sesuai dengan namanya, gelas ini memiliki desain berbentuk buah belimbing pada bagian bawahnya. Umumnya, gelas ini digunakan sebagai sebagai wadah air putih dengan ukuran yang bervariasi dari 200 mL – 250 mL.

Namun, dalam artikel ini akan dibahas cara menghitung jumlah gelas belimbing yang berukuran 250 mL. Cara perhitungannya sama dengan gelas biasa, tetapi hanya berbeda ukuran saja. Jika kamu masih merasa bingung bagaimana cara menghitungnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga:  300 mL Berapa Sendok Makan? Ini Takaran dan Ukurannya

1 gelas belimbing          = 250 mL

700 mL                         = … gelas belimbing?

                                    = 700 mL : 250 mL

                                    = 2,8 gelas belimbing

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa perhitungan 700 mL berapa gelas akan memberikan hasil yang berbeda tergantung ukurannya. Untuk gelas biasa 200 mL membutuhkan 3,5 (3-4 buah) sedangkan jika menggunakan gelas belimbing 250 mL hanya 2,8 (2-3 buah).