18 Oz Berapa mL? Ini Cara Menghitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Fluid ounce atau ons cairan merupakan satuan yang umum digunakan di berbagai negara barat. Satuan pengukuran khusus untuk cairan ini hadir dalam dua versi. Apapun versinya, kamu perlu tahu cara mengkonversi dan mendapatkan hasil untuk 18 oz berapa mL.

Kedua versi oz adalah US oz dan UK oz. Sesuai namanya, US oz lebih sering digunakan di wilayah Amerika sedangkan UK oz lebih sering digunakan di daerah Eropa. Di Indonesia sendiri, orang-orang lebih familiar dengan satuan pengukuran mililiter dan liter.

Rumus Konversi Oz Menjadi mL

Untuk bisa mengetahui langkah-langkah konversi dari oz menjadi mL, ada dua hal yang wajib kamu ketahui terlebih dahulu. Pertama, pahami nilai US oz dan UK oz. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan rumus yang tersedia untuk menemukan nilai mililiternya.

Cairan yang takarannya 1 US oz sama dengan 29,57 mL. Tapi kalau takarannya adalah 1 UK oz, maka nilainya sama dengan 28,41 mL. Dengan mengetahui kedua nilai tersebut, kamu bisa mencari tahu berapakah konversi dari 18 oz ke mililiter.

Baca Juga:  225 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Takarannya

Karena ada dua ukuran oz, artinya ada dua konversi dari oz ke mL. Keduanya menggunakan rumus konversi yang sama, hanya nilainya saja yang berbeda.

Konversi 18 Oz Berapa mL

Proses konversi dari oz ke mL hanya membutuhkan perkalian sederhana. Agar lebih mudah membayangkan proses konversinya, cermati dua rumus berikut ini.

  • Dari US oz ke mL

Karena 1 US oz = 29,57 mL, maka 18 oz = 18 x 29,57 = 532,26 mL.

  • Dari UK oz ke mL

Karena 1 UK oz = 28,41 mL, maka 18 oz = 18 x 28,41 = 511,38 mL.

Rumus di atas bisa kamu pakai untuk menjawab soal lain yang serupa, misalnya 20 oz sama dengan berapa mL air. Cukup kalikan angka mL yang sama dengan UK oz atau US oz untuk mendapatkan hasilnya. Kamu akan mendapatkan hasil yang tepat.

Penggunaan Oz untuk Cairan

Fluid ounce atau oz tidak sama dengan ons yang sering digunakan di pasar untuk menimbang barang. Ukuran oz ini merupakan takaran untuk cairan dan seringkali digunakan pada ukuran gelas. Banyak penjual minuman dan kafe sudah menggunakan takaran oz untuk cairan.

Baca Juga:  500 mL Berapa Kg? Cara Menjawab dan Konversinya

Biasanya, pertanyaan 18 oz berapa mL diajukan oleh orang-orang yang ingin baru saja berkecimpung dalam industri makanan dan minuman. Mengetahui cara mengkonversi minuman yang tadinya menggunakan takaran oz ke mililiter akan sangat membantu.

Jawaban untuk 18 oz berapa mL ada dua. Bisa jadi jawabannya adalah 532,26 mL tapi bisa juga 511,38 mL. Kamu harus tahu takaran oz mana yang digunakan, apakah US atau UK. Dengan begitu, kamu bisa mengkonversi takaran tersebut menggunakan angka dan rumus yang tepat.