1/4 Ons Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dengan Cepat

Konversi ons ke gram merupakan salah satu konversi yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia. Tidak hanya angka bulat, konversi pun kerap menggunakan angka pecahan seperti ½ dan ¼ dalam timbangan. Dalam praktik aslinya, nilai 1/4 ons berapa gram?

Sebelum menjawab hal tersebut, perlu dipahami bahwa konsep konversi ons itu berbeda-beda. Setidaknya, ada dua jenis konversi ons yang wajib kamu pahami. Adapun dua jenis konversi tersebut adalah menggunakan sistem metrik atau imperial.

Di Indonesia sendiri, sistem penghitungan berat umumnya menggunakan sistem metrik. Kareja itulah, jangan salah menghitung! Salah memahami konversi ons bisa-bisa membuat hasilnya jadi tidak akurat. Karena itulah, kamu harus benar-benar teliti saat melakukan konversi!

Ons dalam Sistem Metrik

Karena Indonesia menggunakan sistem pengukuran metrik, maka aturan ons yang digunakan juga sama. Dengan begitu, kamu bisa mengonversi 1/4 ons berapa gram dengan lebih mudah. Dalam sistem pengukuran berat metrik, aturan yang wajib dipenuhi pertama adalah tangga satuan berat.

Baca Juga:  5 Liter Berapa Kg? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal

Apa itu tangga satuan berat? Tangga satuan berat adalah acuan daftar satuan yang digunakan untuk melakukan konversi. Untuk mempersingkat waktu, ini dia daftar satuan berat mulai dari yang terbesar hingga terkecil:

Kg (Kilogram)

Hg (Hektogram)

Dag (Dekagram)

G (Gram)

Dg (Desigram)

Cg (Centigram)

Mg (Miligram)

Kilogram memempati posisi tertinggi. Sementara itu, di posisi terendah ada milligram. Lantas, bagaimana aturan untuk konversi ons yang tidak ada dalam daftar satuan tersebut?

Ons memang tidak ada dalam daftar satuan. Namun, sudah menjadi perjanjian dan ketetapan umum bahwa nilai 1 ons setara dengan 100 gram. Ini artinya, 1 ons memiliki nilai yang setara dengan hektogram (hg) sehingga untuk melakukan konversi ons, kamu bisa menggunakan Hg.

Hasil 1/4 Ons Berapa Gram

Dalam kehidupan sehari-hari, ons tidak hanya diaplikasikan dalam angka bulat saja! Di pasar tradisional, kamu akan menemukan beberapa barang dijual dengan satuan ½ ons bahkan ada juga yang ¼ ons. Jika menemukan keadaan tersebut, jangan bingung karena nilai tersebut bisa dikonversi.

Baca Juga:  400 mL Berapa Gelas? Cara Hitung Sesuai Volume Gelas

Karena ons (hg) dalam tangga satuan berat mengalami penurunan sebanyak 2 kali, maka konversinya cukup dikali dengan (10 x 10) atau 100. Dari premis tersebut, maka nilai ½ dan ¼ ons dapat berarti:

½ ons (hg) = … gram

= ½ x 100

= 100/2

= 50 gram

Dari perhitungan di atas, maka akhirnya terjawa bahwa nilai dari ½ ons adalah 50 gram. Lantas, bagaimana dengan ¼ ons? Berikut ini adalah perhitungannnya:

¼ ons (hg) = … gram

= ¼ x 100

= 100/4

= 25 gram

Perhitungan di atas mengungkap bahwa nilai dari ¼ ons adalah 25 gram. Dengan demikian, jika kamu mendapati pertanyaan 1/4 ons berapa gram, tidak usah bingung karena kamu cukup menjawab dengan 25 gram. Sementara ½ ons itu setara dengan 50 gram. Jadi, jangan sampai salah!