1 Kuintal Berapa Ons? Cara Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Istilah kuintal (kw) mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Namun pada kenyataannya, satuan berat ini jarang muncul di dalam daftar tangga satuan berat. Karena itulah, pertanyaan 1 kuintal berapa ons kerap kali muncul dan selalu dicari jawabannya oleh banyak orang.

Pada prinsipnya, kuintal memiliki posisi yang lebih tinggi dari kilogram (kg). Namun, satuannya jarang ditampilkan dalam tangga satuan berat. Hal ini disebabkan karena kuintal hanya digunakan untuk barang-barang yang jumlahnya sangat besar seperti ratusan hingga ribuan kilogram.

Agar penulisan angkanya lebih ringkas, maka konversi kuintal pun dilakukan. Adapun barang-barang yang menggunakan satuan kuintal antara lain: beras, gula, tepung, semen, pasir dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya. Lantas, berapa nilai konversi kuintal ke ons?

Konversi Kuintal ke Ons

Sebelum menemukan jawaban dari 1 kuintal berapa ons, kamu harus terlebih dahulu mengetahui letaknya dalam tangga satuan berat. Jika sebelumnya kamu hanya menemukan 7 nama satuan, kini saatnya kamu naik tingkat karena ada 2 satuan tambahan yakni ton dan kuintal.

Baca Juga:  1 dm Berapa Liter? Cara Hitung dan Konversi Satuan Berat

Berikut ini adalah urutan tangga satuan beratnya:

Ton

(Kw) Kuintal

(Kg) Kilogram

(Hg) Hektogram

(Dag) Dekagram

(G) Gram

(Dg) Desigram

(Cg) Centigram

(Mg) Milligram

Sama dengan pengaturan tangga satuan berat dengan 7 satuan, aturan dalam tangga dengan kuintal ini juga sama. Khusus untuk penurunan tangga satu tingkat, nilai konversinya dikalikan dengan 10. Sementara kenaikan satu tingkat, nilai konversinya dibagi dengan 10.

Dari daftar tangga tersebut, diketahui bahwa ons tidak ada dalam daftar. Namun meski begitu, sudah menjadi ketetapan umum bahwa nilai 1 ons = 1 hektogram (hg). Ini artinya, konversi kuintal ke ons sama artinya dengan kuintal ke hektogram (hg).

Jadi, 1 Kuintal Berapa Ons?

Seperti yang terlihat pada tangga satuan berat sebelumnya, kuintal ke ons (hg) mengalami penurunan sebanyak 3 kali. Ini artinya, konversinya harus mengalikannya dengan 10 sebanyak 3 kali atau (10 x 10 x 10). Sederhananya, kamu cukup hanya mengalikannya dengan angka 1.000.

Agar tidak bingung, berikut adalah detail langkah perhitungannya:

1 kuintal = … ons (hg)

Baca Juga:  1 Gram Berapa Sendok Makan? Takaran dan Cara Hitung

= 1 x (10 x 10 x 10)

= 1 x 1.000

= 1.000 ons

Dari perhitungan di atas, maka didapatkan hasil bahwa nilai dari 1 kuintal itu setara dengan 1.000 ons. Untuk memudahkan pemahaman, simak contoh soalnya berikut ini:

Jika harga 1 kuintal beras itu Rp1.600.000, maka berapakah harga 10 ons beras?

Pembahasan

1 kuintal = 1.000 ons -> Rp1.600.000

10 ons -> n

Soal ini bisa diselesaikan dengan menggunakan prinsip perkalian silang berikut ini:

 

 

100n = 1.600.00

 

 

n = 16.000

Dari perhitungan di atas, maka bisa didapatkan hasil bahwa harga 10 ons beras adalah Rp16.000. Ini artinya, jawaban dari soal 1 kuintal berapa ons bisa dikembangkan untuk mengerjakan berbagai model soal lain. Jadi, sering-seringlah melakukan latihan.