1/5 Kg Berapa Ons? Cara Menghitung dengan Rumus yang Tepat

Bppkibandung.id – 1/5 kg berapa ons? Pertanyaan ini kerap dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, pengukuran berat ini lekat dengan kebutuhan di setiap harinya. Salah satunya seperti satuan kilogram maupun ons yang sering digunakan untuk menimbang berat bahan masakan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan 1 kilo? Jika diubah ke satuan berat lainnya seperti gram, 1 kg sama dengan 1.000 gram. Lantas, bagaimana cara menghitung kilogram ke ons? Kamu perlu memahami rumusnya dengan benar.

Muncul pertanyaan seperti apakah 1 ons 10 gram? Kamu perlu mengetahui rumus konversi dari kilogram ke ons terlebih dahulu agar bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dengan begitu, soal lain yang serupa bisa kamu kerjakan dengan mudah. Simak selengkapnya di sini:

1/5 Kg Berapa Ons? Ikuti Rumus Berikut!

Untuk dapat mengubah satuan kilogram menjadi satuan ons, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mengalikan nilai kilogram tersebut dengan 10. 1,5 kilogram sama dengan berapa ons? Simak cara perhitungannya berikut:

Baca Juga:  120 ML Berapa Gelas? Ini Ukuran dan Cara Hitungnya

1/5 atau 1,5 kg = 1,5 x 10 ons

= 15 ons.

Dalam menjawab soal di atas, kamu bisa menggunakan pernyataan bahwa 1 kg setara dengan 10 ons. Oleh karena itu, untuk mengkonversi kilogram ke ons, kamu cukup mengalikan berat dalam kilogram dengan 10.

Jadi, dari rumus di atas, hasil akhir yang diperoleh adalah 15 ons. 1,5 kilogram setara dengan 15 ons. Cara yang sudah dijelaskan di atas sangat mudah untuk diikuti bukan? Kamu bisa berlatih banyak soal serupa agar semakin mengasah kemampuan konversi. Berikut adalah contoh soalnya:

Contoh Soal Kilogram ke Ons

Pada tahun 2019, terjadi perubahan definisi kilogram, di mana Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengklarifikasi bahwa meskipun 1 kg tetap setara dengan 10 ons dan 1 kg tetap setara dengan 1.000 gram, namun definisi kilogram itu sendiri mengalami perubahan.

Kamu bisa mencoba perhitungan lain dengan tetap mengacu pada ketetapan rumus di atas. Jika kamu telah menguasai cara tersebut, maka tidak akan susah dalam mencoba perhitungan baru seperti contoh soal yang tertera berikut:

Baca Juga:  12 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung Sesuai Rumus Berat

Ani membeli beras seberat 5 kg. Jika satuan berat tersebut dikonversikan ke dalam ons, maka berapakah berat beras Ani dalam satuan ons?

Jawaban:

Dikarenakan rumus dasarnya adalah 1 kg setara dengan 10 ons, maka kamu bisa langsung memasukkan rumusnya seperti ini:

5 x 10 ons

= 50 ons.

Jadi, beras yang dibeli Ani jika diubah dari satuan awal yaitu 5 kg menjadi ons adalah sebesar 50 ons.

Perhitungan semacam 1/5 kg berapa ons ataupun contoh soal di atas bisa dipahami dengan mudah asalkan telah memahami rumus dasarnya dengan baik. Kamu bisa terus berlatih soal serupa supaya lebih mematangkan lagi ilmu yang diperoleh.

Rumus dari 1/5 kg berapa ons beserta contoh soal konversi kilogram ke ons telah tersaji secara lengkap melalui ulasan di atas. Kamu dapat langsung mengikuti rumus yang telah disediakan agar bisa menjawab soal dengan baik.