8 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Bppkibandung.id – Ketika diperintahkan menghitung panjang ruangan, kebanyakan orang hanya mengenal satuan meter (m) atau centimeter (cm). Padahal satuan panjang cukup banyak seperti desimeter (dm), dam (dekameter), dan hektometer (hm). Jika muncul pertanyaan 8 dm berapa cm? Bagaimana cara menjawabnya?

Dalam usaha memahami satuan panjang, kamu bisa menggunakan prinsip tangga satuan panjang atau biasa dikenal dengan tangga konversi. Dengan menggunakan tangga satuan panjang, para siswa akan lebih mudah memahami posisi desimeter (dm) dengan centimeter (cm) sesuai permintaan soal.

Langkah awalnya, para siswa disarankan untuk buat tangga satuan panjang, kemudian melihat posisi satuan yang dibutuhkan. Jika posisi satuan menurun 1x, cukup dikalikan dengan angka 10, sebaliknya posisi satuan naik satu tangga, bisa dibagi dengan angka 10. Masih bingung cara membedakannya?

Pertanyaan 8 dm Berapa cm?

Sebelum membahas jawaban pertanyaan, para siswa harus memahami tangga ukuran panjang yang harus dijadikan acuan dalam menyelesaikan soal. Tangga ukuran panjang mulai dari atas km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm. Lalu bagaimana posisi desimeter (dm) dengan centimeter (cm)?

Baca Juga:  1 mL Berapa cm? Hubungan mL-cm dan Cara Menghitungnya

Jika mengacu dengan tangga meteran yang tersedia, posisi satuan desimeter (dm) ke centimeter (cm) turun satu tingkat. Sesuai dengan prinsip tangga ukuran panjang, satuan menurun 1x akan dikalikan dengan angka 10, sedangkan satuan naik satu tangga akan dibagi dengan angka 10 nantinya.

Untuk bisa menyelesaikan soal, para siswa tinggal mengalikan angka 8 dengan 10 (8×10=180 cm). Kamu perlu merubah nilai desimeter (dm) menjadi centimeter (cm) terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain untuk menyamakan satuan menjadi cm, sehingga lebih mudah menyelesaikan soal mengenai ukuran panjang.

Cukup mudah menghitung 8 dm berapa cm, bukan? Mungkin para siswa bisa menemui angka lainnya misal 90 dm berapa cm, maka 90 x 10 = 900 cm. Masih ada bentuk soal satuan panjang yang perlu dipahami para pelajar, namun penting menguasai kemampuan dasar urutan tangga meteran.

Contoh Soal Desimeter (dm) dan Centimeter (cm)

Saat menghadapi soal ujian Matematika, setidaknya para siswa akan menjumpai 2-3 pertanyaan yang berhubungan dengan satuan panjang seperti m, cm, dm, dam, mm, dan lainnya. Jika sudah memahami urutan tangga meteran, sepertinya tidak sulit untuk menemukan jawaban paling tepat.

Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Menghitung dan Arti Satuan Cth

1. 10 dm + 23 m + 30 cm = ……………cm

Jawabannya :

10 desimeter = 10 x 10 = 100 cm

23 m = 23 x 100 = 2300 cm

Maka 100 cm + 2300 cm + 30 cm = 2.430 cm

2. Jarak bangku Annisa sekitar 4 dm dengan bangku Azizah. Lalu berapakah nilai cm yang didapat?

Jawaban :

4 desimeter = 4 x 10 = 40 cm

Untuk menjawab pertanyaan 8 dm berapa cm, cukup kalikan angka 8 dengan 10. Pasalnya dm ke cm hanya turun satu tangga, sehingga bisa dikalikan 10. Kuasai dan hafalkan tangga meteran untuk bisa menjawab setiap soal yang berhubungan dengan satuan panjang.