1/5 Gram Berapa Ons? Cara Menghitung dengan Rumusnya

Bppkibandung.id – 1/5 gram berapa ons? Pertanyaan umum ini kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam setiap harinya, pasti persoalan konversi satuan berat tidak akan lupa digunakan. Hal tersebut dikarenakan umum terjadi dan diperlukan pada kegiatan sehari-hari.

Berbicara tentang pengukuran berat, pastinya kamu seringkali dihadapkan pada berbagai satuan, salah satunya gram dan ons. Keduanya merupakan satuan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk bahan makanan, resep masakan, dan penimbangan barang dagangan.

Namun, tak jarang banyak yang bingung ketika harus mengonversi berat dari gram ke ons atau sebaliknya. Konversi gram ke ons sebenarnya mudah untuk dihitung asalkan kamu telah memahami rumus dasar konversi tersebut dengan baik.

Mengenal Satuan Gram dan Ons

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami konsep dasar dari kedua satuan ini. Gram adalah satuan berat yang umumnya digunakan dalam sistem metrik, sementara ons merupakan satuan yang sering digunakan dalam sistem pengukuran imperial.

Baca Juga:  100 Gram Berapa mL? Ini Rumus Konversi dan Cara Hitung

1 ons setara dengan 100 gram. Kemudian 1 gram sama dengan 0,03527 ons. Oleh karena itu, konversi antara gram dan ons memerlukan pemahaman yang cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam penimbangan atau perhitungan berat suatu benda.

1/5 Gram Berapa Ons? Simak Rumusnya Berikut!

Dikarenakan rumus dasar dari 1 gram = 0,03527 ons, maka perhitungan konversi dari gram ke ons perlu untuk mengalikan nominal atau satuan gram dengan 0,03527 terlebih dahulu. Setelah itu, hasil dari satuan gram ke ons akan muncul. Simak rumusnya berikut:

Rumus gram ke ons = gram x 0,03527

1/5 = 0,2

Masukkan ke rumus:

0,2 x 0,03527 = 0,007 ons.

Jadi, berdasarkan rumus perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan 1/5 gram berapa ons adalah sebesar 0,007 ons. Cara di atas bisa diterapkan jika kamu ingin mengonversi dari satuan gram ke ons. Inilah beberapa contoh soal yang bisa kamu pelajari:

Contoh Soal Konversi Gram ke Ons

Keberadaan contoh soal penting untuk dipelajari agar kamu semakin paham dengan materi mengenai konversi satuan berat ini. Antara lain sebagai berikut:

  1. Santi membeli gula ke toko seberang sebanyak 20 gram. Jika dihitung dalam satuan ons, maka berapakah berat gula tersebut dalam satuan ons?
Baca Juga:  125 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Contoh Soal

Jawaban:

Rumus gram ke ons = gram x 0,03527

20 gram x 0,03527 ons

= 0,70 ons

Jadi, berat gula yang telah dibeli Santi dalam satuan ons adalah sebesar 0,70 ons.

  1. Pak Joko membeli garam sebanyak ¼ gram, berapakah garam yang dibeli pak Joko dalam satuan ons?

Jawaban:

Rumus gram ke ons = gram x 0,03527

¼ = 0,25

Masukkan ke rumus:

0, 25 gram x 0,03527 ons

= 0,0089 ons

Jadi, garam yang dibeli pak Joko dalam satuan ons adalah seberat 0,0089 ons.

Penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan 1/5 gram berapa ons beserta contoh soal yang telah diberikan di atas bisa kamu simak dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa cepat memahami materi konversi satuan berat.