1 Troy Ons Berapa Gram? Jawaban, Cara Hitung, Konversi

Bppkibandung.id – Apakah kamu pernah mendengar istilah ons? Yap! Ons adalah salah satu satuan berat yang umum di Indonesia. Namun, tidak banyak yang tahu jika satuan ini memiliki berbagai macam jenis dengan nilai konversi yang berbeda mulai dari troy, metrik dan imperial. Lantas, 1 troy ons berapa gram?

Sebelum membahas lebih jauh hal tersebut, kamu harus memahami terlebih dahulu tentang konsep penggunaan ons. Setidaknya, ons digunakan sebagai satuan berat yang mengukur berat benda makanan. Tidak heran jika penggunaannya banyak di pasar tradisional hingga swalayan.

Meski kerap digunakan sebagai satuan berat, penggunaan ons di setiap negara memiliki konversi yang berbeda. Hal ini disebabkan karena sejarah masing-masing negara berbeda sehingga perhitungan konversi ons pun turut serta. Misalnya, konversi ons di Indonesia berbeda dengan Amerika Serikat.

Mengenal Macam-Macam Konversi Ons

Seperti yang sudah sempat dijelaskan sebelumnya, nilai ons setidaknya memiliki 3 jenis konversi yakni ons metrik, ons imperial dan yang terakhir adalah ons troy. Ketiganya memiliki nilai konversi gram yang berbeda sehingga jawaban 1 troy ons berapa gram tentu berbeda dengan 1 ons metrik berapa gram.

Baca Juga:  150 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Rumus

Lantas, apa perbedaan dari konversi ons dan berapa nilainya jika diubah ke gram? Langsung simak pembahasan selengkapnya berikut ini:

Ons Metrik

Konversi ons metrik adalah yang diterapkan di Indonesia. Dalam konversi ini, nilai ons dianggap setara dengan hektogram (hg) dalam tangga satuan berat. Dengan demikian, posisi ons dalam tangga satuan berat tersebut terletak di bawah kilogram (kg) dan dua tingkat diatas gram (g).

Dengan posisi tersebut, maka nilai konversi ons ke gram harus dikalikan 10 sebanyak dua kali atau (10 x 10). Hasilnya, 1 ons metrik setara dengan 100 gram.

Ons Imperial

Berbeda dengan di Indonesia, negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada dan Inggris menerapkan sistem imperial dalam konversi ons. Sistem yang dikenal dengan ons avoirdupois biasanya digunakan untuk satuan berat tertentu.

Dalam penerapannya, satuan ons imperial ini banyak digunakan dalam bidang bisnis hingga konstruksi seperti batu bara dan masih banyak lagi. Adapun nilai konversinya adalah 1 ons imperial setara dengan 28,349… gram (dibulatkan menjadi 28,34 gram).

Baca Juga:  1/2 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Contoh Soal Sejenis

Ons Troy

Nah, kini tiba saatnya membahas tentang 1 troy ounce berapa gram. Diketahui, satuan ini biasanya digunakan dalam keperluan perdagangan aneka macam logam mulia mulai dari emas, perak, permata hingga platinum.

Jadi, 1 Troy Ons Berapa Gram?

Dalam konversinya, nilai 1 troy ons telah disepakati adalah 31,1034768 gram. Agar tidak pusing, kamu bisa membulatkannya menjadi 31,1 gram. Hasil konversi ini tentu sangat jauh berbeda dengan ons metrik yang setara 100 gram dan imperial dengan 28,34 gram.

Karena perbedaan nilai yang signifikan ini, kamu harus berhati-hati saat melakukan konversi. Pasalnya, salah langkah satu saja bakal membuat hasilnya jadi tidak akurat. Untuk itu, kamu harus memahami bahwa jawaban dari 1 troy ons berapa gram itu tidak sama dengan sistem metrik dan imperial.