8 Gelas Berapa Liter? Cara Menghitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Mungkin banyak yang ingin tahu 8 gelas berapa liter air? Pasalnya ads anjuran dari kesehatan bahwa dalam sehari setidaknya seseorang bisa konsumsi 8 gelas air untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Banyaknya air dalam gelas memang bisa diukur dengan satuan liter.

Namun perlu kamu tahu bahwa ada banyak jenis bentuk gelas yang bisa membuat ukuran air di dalam gelas jadi berbeda-beda. Itulah mengapa ukuran dalam gelas tidak bisa dijadikan ukuran baku. Meski begitu ada gelas yang umumnya dijadikan standar ukur air dalam gelas untuk dikonversi ke ml atau liter.

Lantas 8 gelas sama dengan berapa liter jika diukur dengan gelas standar ukur ini? Gelas yang biasa digunakan sebagai standar ukuran air dalam gelas adalah gelas belimbing. Gelas belimbing ini punya kapasitas maksimal menampung air hingga 200 ml atau 0,2 liter.

Menghitung Liter Air Dengan Gelas Belimbing

Seperti yang dikatakan di awal, gelas belimbing menjadi salah satu jenis gelas yang digunakan untuk mengukur standar liter atau ml obyek cair tertentu. Gelas belimbing terbukti banyak diandalkan untuk menakar cairan dengan kapasitas yang dimilikinya mencapai 200 ml.

Baca Juga:  10200 dm Berapa km? Cara Hitung dan Konversi Satuan Panjang

Sedangkan 200 ml jika dikonversi menjadi 0,2 liter atau ⅕ liter. Maksud dari ⅕ liter di sini adalah 1 liter setara dengan 5 gelas belimbing. Lantas 8 gelas sama dengan berapa liter jika menggunakan gelas belimbing? Untuk mengetahui jawabannya, kamu harus tahu nilai-nilai konversi dari ukuran gelas ke liter.

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa air 2 liter yang dianjurkan untuk diminum tiap harinya adalah takaran standar yang jika diukur dengan gelas belimbing menjadi 10 gelas.

Konversi Volume 8 Gelas Berapa Liter

Dari perhitungan volume air 0,2 liter yang mampu ditampung gelas belimbing di atas, mungkin belum sepenuhnya menjawab soal terkait. Hal ini karena 1 liter air dapat ditampung hanya dengan 5 buah gelas belimbing, sedangkan 2 liternya menjadi 10 gelas.

Untuk itu kamu harus tahu daftar konversi air dalam gelas ke satuan liter mulai dari 1 gelas hingga 10 gelas, sehingga kamu bisa tahu 8 gelas belimbing berapa liter.

  • 1 gelas belimbing setara dengan 0,2 liter
  • 2 gelas belimbing sama dengan 0,4 liter
  • 3 gelas belimbing menampung air 0,6 liter
  • 4 gelas belimbing menampung hingga 0,8 liter
  • 5 gelas belimbing berkapasitas 1 liter
  • 6 gelas belimbing menampung hingga 1,2 liter
  • 7 gelas belimbing setara 1,4 liter
  • 8 gelas belimbing sama dengan 1,6 liter air
  • 9 gelas belimbing setara dengan 1,8 liter
  • 10 gelas belimbing sama dengan 2 liter
Baca Juga:  20 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitung dan Konversinya

Dari rangkaian konversi volume air dalam gelas belimbing yang dikonversi ke liter di atas sudah bisa diketahui jawaban dari air 8 gelas berapa liter adalah 1,6 liter. Takaran ini bisa berubah jika ukuran gelas juga berbeda. Sehingga takaran ini hanya berlaku untuk gelas belimbing standar.