1 cc Berapa Liter? Cara Menghitung Sesuai Satuan Volume

Bppkibandung.id – Sebelum membahas tentang hasil 1 cc berapa liter, kamu harus tahu dulu bahwa cc merupakan jenis satuan yang punya kepanjangan cubic centimeter atau dalam.bahasa Indonesianya adalah sentimeter kubik. Satuan cc ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis satuan Standar Internasional.

Dalam banyak kasus kehidupan sehari-hari, satuan cc ini banyak digunakan untuk mengukur kapasitas yang lebih kecil dibandingkan liter atau mililiter. Cc lebih sering digunakan untuk menyatakan ukuran volume mesin pads kendaraan. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyatakan cairan tertentu.

Dari cc ke liter sebenarnya bisa dilakukan konversi nilai. Hanya saja konversinya tidak langsung. Untuk mendapatkan jawaban dari 1 cc sama dengan berapa liter, kamu harus tahu hubungan antara liter dengan satuan sejenis cc. Dalam hal ini yang dimaksud adalah liter dengan dm³.

Menghitung 1 cc Berapa Liter Dengan Tepat

Dari satuan cc ke liter memang tidak bisa dikonversi secara langsung mengingat keduanya bukan satu jenis satuan yang ada dalam satu tangga satuan. Maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konversi liter ke dm³ dulu.

Baca Juga:  Cara Menghitung 150 gram Berapa mL dan Pembahasan

Sebagaimana sekilas disinggung di atas, satuan liter memang punya keterkaitan atau hubungan dengan dm³. Pasalnya secara umum sudah diketahui bahwa 1 liter setara atau sama nilainya dengan 1 dm³. Dari dm³ ini lantas dicari hubungannya dengan cm³ yang mana merupakan sebutan lain dari cc.

Selanjutnya dari dm³ ke cm³ barulah dicari nilainya berdasarkan urutan satuan yang ada di tangga satuan kubik. Adapun urutan tangga satuan kubik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Km³
  • Hm³
  • Dam³
  • Dm³
  • Cm³
  • Mm³

Urutan tangga satuan di atas adalah urutan dari satuan paling besar hingga paling kecil. Dari tangga satuan tersebut kamu bisa tahu posisi antara dm³ dengan cm³ atau cc. Terlihat dari tangga satuan tersebut dm³ ke cm³ atau cc harus turun satu langkah.

Saat tangga satuan kubik turun maka bilangan harus dikalikan dengan 1000. Artinya 1 dm³ sama dengan 1000 cm³ atau cc. Karena ada persamaan 1 liter sama dengan 1 dm³ maka dari perhitungan ini menyimpulkan bahwa 1 liter sama dengan 1000 cc. Lantas bagaimana dengan 1 cc berapa liter?

Baca Juga:  Konversi 50 hm Berapa m dan Cara Hitungnya Lengkap

Jawabannya

Untuk mencari nilai cc ke liter maka harus dibalik dari hasil liter ke cc di atas. Kamu bisa libatkan satuan dm³ lagi, yaitu:

1 cm³ = 1 ÷ 1000 dm³

= 0,001 dm³

1 cc = 0,001 dm³

Sedangkan 0,001 dm³ setara dengan 0,001 liter. Jadi dari jawaban ini bisa disimpulkan bahwa jawaban dari 1 cc sama dengan berapa liter adalah 0,001 liter.

Menghitung 1 cc berapa liter dengan cara di atas berlaku untuk contoh pertanyaan lain yang sejenis dengan angka yang berbeda. Jika yang ditanyakan adalah 2 cc berapa liter, maka hasil di atas tinggal dikalikan dua saja.