8 Cara Menghitung Cepat dengan Otak 100% Mudah

Bagaimana cara menghitung cepat dengan otak? Pertanyaan yang mungkin banyak diantara kamu mau tahu jawabannya karena sejatinya siapa saja bisa memaksimalkan otaknya untuk berhitung, tanpa harus menggunakan alat tambahan seperti kalkulator atau aplikasi.

Belajar berhitung cepat, sangat dianjurkan sejak dini. Bukan saja bermanfaat saat di sekolah saja, namun di dunia kerja hingga hitung-menghitung untuk kepentingan pribadi juga sangat diperlukan. Hanya saja tidak semua orang suka dunia matematika yang satu ini.

Biar kamu jadi suka dan menjadikan berhitung sebagai bagian penting dalam kehidupan, asahlah otak dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan, kalau konsisten maka hasilnya akan sangat luar biasa.

8 Cara Menghitung Cepat dengan Otak

Sembilan cara berhitung cepat tanpa kalkulator berikut ini, bisa dipilih sebagai langkah mengasah otak saat berhitung. Bisa dimulai dari belajar matematika mental hingga berbagai alternatif cara lainnya.

1. Matematika Mental

Yang dimaksud matematika mental adalah menghafal tabel kali dan bagi, termasuk angka penting di dalam matematika yang akan sering dipakai untuk menghitung. Ini akan menjadi bekal ketika melakukan penghitungan angka, tanpa harus pakai media lain.

Contohnya, menguraikan sebuah soal penjumlahan menjadi lebih sederhana sehingga mudah dicari jawabannya. Seperti 891 + 123, dijabarkan menjadi=800+100, kemudian 90+20, dan 1+3. Setelah itu baru jumlahkan masing-masing menjadi=900+110+4=1014.

Jika sudah hafal bahan kali, bagi, tambah, kurang maka berlatihlah untuk menjumlahkan banyak angka dalam waktu cepat. Lakukan berulang kali dengan angka berbeda-beda, supaya pemahaman tentang menghitung menjadi lebih tinggi.

Baca Juga:  Jawaban 60 mL Berapa Gelas dan Contoh Soalnya

2. Fokus di Ruang Khusus

Cara berikutnya adalah belajar menghitung di lokasi yang nyaman dan bisa membuat fokus. Misalnya di dalam kamar, tanpa gangguan TV atau perangkat smartphone. Sehingga semua materi hitung-menghitung bisa lebih cepat diselesaikan.

Bisa juga di ruang lain, namun pastikan tidak berisik dan tidak ada hal lain yang bisa memecah konsentrasi saat melakukan penghitungan.

Biasanya cara menghitung cepat dengan otak menggunakan metode ini, adalah untuk orang yang susah fokus dan butuh waktu sendiri untuk mempelajari sesuatu. Pasalnya, ada juga yang bisa fokus belajar berhitung meskipun di tempat ramai.

3. Asah Pelajaran Sesering Mungkin

Apapun materi berhitung yang sudah dipelajari, ulangi kembali sampai benar-benar paham di luar kepala. Jadi, kapanpun kamu ditanya kembali atau membutuhkan hitungan dari pelajaran tersebut akan mudah untuk mengingat dan menggunakannya.

Contoh belajar tabel berhitung lalu ulangi di rumah atau buat lagu sendiri yang berisi perkalian, pembagian, pengurangan, penambahan.

Bisa juga dengan latihan menghitung cepat dengan mencari soal-soal di internet yang berhubungan dengan pelajaran tersebut, kemudian jawab dan pahami setiap soal tersebut.

Kamu juga bisa mengasah pelajaran saat bermain, menonton, atau kapan saja. Ketika benda atau apapun yang bisa dihitung dengan rumus atau pelajaran tersebut, coba pelajari dan jawab dengan benar.

4. Menguasai Berbagai Trik Berhitung

Saat ini, sudah banyak trik berhitung yang dibagikan melalui internet. Baik itu oleh ahli matematika atau siapa saja. Coba buat daftar trik-trik tersebut, kemudian pelajari sampai mahir. Seandainya ada pertanyaan berhitung cepat, kamu tinggal pakai salah satu trik yang sesuai. Beberapa contoh triknya adalah:

  • 63 x 11 = angka enam tetap di depan, di tengahnya adalah (6+3) dan di belakangnya adalah angka tiga. Hasilnya adalah 693. Cobakan pada angka lain yang dikalikan 11 ya!
  • Trik perkalian 9 menggunakan jari, rentangkan semua jari kanan dan kiri. Mulai menghitung 9×1 dengan menurunkan kelingking kanan, kemudian 9×2 dengan menurunkan jari manis kanan dan jari kelingking kembali tegak. 9×3 yaitu jari tengah kanan saja yang turun.
    Coba cek hasilnya, akan sama dengan tabel perkalian 9 yang sudah dipelajari di sekolah lho.
  • Hasil kuadrat dua digit angka, dimana angka terakhirnya adalah 5. Misalnya 65 adalah
    65 kuadrat = 6 x( 6+1) & 25, hasilnya adalah 4225.
Baca Juga:  400 mL Berapa Gram? Hubungan mL-Gram dan Cara Hitungnya

5. Berlatih Pola Kasus

Maksudnya adalah mencari pola dari urutan angka yang muncul, hal ini juga menjadi salah satu cara menghitung di luar kepala yang cukup cepat. Semakin banyak berlatih, akan mudah menemukan pola berbagai deretan angka.

Contohnya: pola dari urutan angka 2,4,8 10, adalah perkalian 2. Sedangkan untuk pola 10,15,10,30,10,45 adalah 10 dan perkalian 15. Memang terlihat biasa saja, namun berlatih pola akan membantu mengasah otak agar bisa berhitung lebih cepat.

6. Pakai Jari dan Imajinasi

Ini adalah cara paling jadul namun masih tetap berhasil dipakai sampai saat ini. Tinggal memanfaatkan jari untuk melakukan perhitungan penambahan dan pengurangan sederhana, jika lebih banyak bisa berimajinasi dengan berbagai benda yang mudah diingat.

Contoh imajinasinya adalah: 12-7, kamu bisa membayangkan ada 12 deretan bunga maway, kemudian hilang 7 diantaranya maka sisanya adalah 5 bunga mawar.

Biasanya cara menghitung cepat dengan otak menggunakan imajinasi ini, dipakai bagi yang memang suka mengingat sesuatu dengan visualisasi.

7. Jarimatika Kurang Tambah

Ada juga pelajaran jarimatika yang sempat viral, untuk membantu perhitungan pengurangan dan penambahan dengan cepat. Bahkan dengan teknik tertentu, angka dengan tiga digit ke atas tetap bisa ditambah dan dikurangi hanya mengandalkan jari jemari dan tentunya kecepatan otak.

Buat kamu yang mau mempelajarinya, masih tersedia lembaga yang membantu mengajarkan trik terbaiknya. Bisa dimulai sejak usia balita untuk mempermudah menggunakan jari saat berhitung di sekolah nanti.

8. Kolom Vertikal Kali Bagi

Di sekolah, guru juga banyak menggunakan teknik kolom vertikal ini untuk mengajarkan perkalian dan pembagian.

Baca Juga:  1 kg Gram Ada Berapa Ons? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Ada deretan kolom angka dengan simbol bagi dan kali di bagian atasnya, untuk memudahkan mengingat hasil bagi dan kali dari setiap deretan angka yang ada di kolom bagian bawahnya.

Di tingkat SD, metode kolom vertikal ini sudah diperkenalkan dan menjadi salah satu bagian materi dan trik yang diberikan guru. Sebagai cara agar bisa menghitung cepat  perkalian dan pembagian sederhana hingga sulit.

Manfaat Mahir Pakai Cara Menghitung Cepat dengan Otak

Kalau saat ini kamu masih malas belajar berhitung cepat, coba pahami berbagai manfaat bisa menerapkan cara menghitung cepat dengan jari dan memanfaatkan kemampuan otakmu. Siapa tahu bisa menjadi motivasi untuk segera mempelajarinya.

1. Mencegah Kepikunan

Ketika otak dilatih terus untuk berpikir dan berhitung maka kinerjanya tidak akan menurun, bahkan untuk orang pikun juga diberikan metode belajar matematika untuk meningkatkan daya ingatnya lho.

Bukan saja soal pikun, ketika otak terbiasa dipakai untuk memecahkan masalah dan menjawab soal yang berhubungan dengan matematika maka daya cerna terhadap berbagai informasi juga lebih baik.

2. Mahir Problem Solving

Memecahkan masalah bukan hanya tentang kemampuan mencari solusi, namun akan lebih maksimal ketika otak memang sudah terbiasa dengan berbagai soal-soal yang berhubungan dengan pemecahan kasus-kasus deretan angka. Tidak percaya? Kamu bisa membuktikannya sendiri!

3. Kerja Otak Kiri dan Kanan Seimbang

Saat otak kiri mencari jawaban sebuah soal hitung-menghitung, otak kanan akan menjabarkannya dengan visualisasi yang mudah dipahami. Kinerja yang sinergi ini membuat kemampuan otak menjadi lebih seimbang.

Tidak ada kata terlambat untuk mencoba menerapkan berbagai cara menghitung cepat dengan otak. Kamu dapat memulainya dengan cara paling mudah, kemudian kembangkan terus kemampuan hingga bisa mencapai level kecepatan hitung maksimal. Selanjutnya rasakan manfaat hebat dari pola tersebut.

Baca Juga: