1 Ons Berapa Pon? Cara Hitung dan Konversi Berat

Bppkibandung.id – Pernah dengar satuan pon? Pon merupakan satuan berat yang berada pada sistem imperial. Berbeda dengan ons, pon adalah satuan yang jarang digunakan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Indonesia menerapkan sistem metrik dalam perhitungan beratnya. Kemudian, nilai 1 ons berapa pon?

Meski berada di sistem satuan yang berbeda, namun keduanya tentu masih bisa dikonversi satu sama lainnya. Namun, proses konversi harus hati-hati karena ons sendiri memiliki dua nilai yang berbeda. Hal ini disebabkan karena ons bisa bertindak sebagai satuan metrik dan imperial.

Dalam satuan imperial, didapatkan hasil bahwa 1 ons itu setara dengan 28,3495 gram (dibulatkan menjadi 28,34 gram). Sementara dalam satuan metrik, diketahui bahwa 1 ons setara dengan 100 gram. Oleh sebab itu, kamu harus cermat dan berhati-hati dalam melakukan konversi ons ke ton.

Mengenal Pon Sebagai Satuan Berat

Sebelum menjawab pertanyaan tentang 1 ons berapa pon, mari terlebih dahulu memahami tentang satuan pon. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pon merupakan satuan berat atau massa yang digunakan dalam sistem imperial.

Baca Juga:  20 mL Berapa Gram? Ini Rumus Volume Zat dan Cara Hitungnya

Sebagai informasi, sistem imperial merupakan dasar perhitungan satuan yang didasarkan pada ukuran tubuh manusia (mulai dari panjang kaki hingga lebar tangan). Karena berasal dari Romawi kuno, maka sistem perhitungan ini banyak digunaka di negara Amerika Serikat, Kanada hingga Inggris Raya.

Meskipun berbeda dari sistem di Indonesia yang menerapkan metrik, namun konversi pon ke metrik masih hal yang mungkin dilakukan. Berdasarkan ketetapan, 1 pon disebut setara dengan 453,592 gram. Jika disederhanakan, maka ada yang menulis 1 pon setara dengan 453 gram.

Agar perhitungannya lebih mudah, maka dalam beberapa literatur, angka 453 gram pun dibulatkan. Menurut aturan matematika, 453 gram bisa dibulatkan berdasarkan angka puluhan akhir di belakangnya. Karena angkanya 53, maka 453 gram bisa dibulatkan menjadi 500 gram.

Dengan demikian, 1 pon setara dengan 500 gram.

Lantas, 1 Ons Berapa Pon?

Berdasarkan aturan di atas, didapatkan hasil bahwa 1 pon setara dengan 500 gram. Jika dikonversi ke ons, maka angka 500 gram tersebut harus terlebih dahulu diubah dalam bentuk ons. Seperti diketahui, 1 ons setara nilainya dengan 1 hg.

Baca Juga:  1/5 Ons Berapa Gram? Rumus Konversi Berat & Cara Hitung

Dalam tangga satuan berat, gram ke hg naik 2 tingkat sehingga konversinya adalah sebagai berikut:

500 gram = … hg (ons)

= 500 : (10 x 10)

= 500 : 100

= 5 ons

Jadi, jika bertanya 1 pon ada berapa ons, maka jawabannya adalah 5 ons. Dari jawaban tersebut, maka penyelesian 1ons berapa pon bisa menggunakan perkalian silang berikut ini:

1 pon -> 5 ons

b pon -> 1 ons

1 x 1 = 5 x b

1 = 5b

b = 1/5

b = 0,2 pon

Berdasarkan perhitungan yang cukup panjang tersebut, akhirnya pertanyaan 1 ons berapa pon terjawab sudah! Akhirnya, bisa disimpulkan bahwa 1 ons nilainya setara dengan 0,2 pon menurut perhitungan dalam sistem satuan metrik.