1 Hg Berapa Ons? Satuan Berat dan Cara Hitungannya

Bppkibandung.id – Istilah hektogram (hg) memang jarang sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, siapa yang menyangka jika tanpa sadar masyarakat Indonesia sering sekali menggunakannya, namun menggunakan nama lain yaitu ons. Jika demikian, 1 hg berapa ons?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu memahami arti ons terlebih dahulu. Diketahui, ons sendiri merupakan satuan berat yang kerap digunakan di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, ons masuk ke dalam satuan berat metrik bersama kilogram, hektogram dan gram.

Sementara itu, ons ternyata juga bisa masuk ke dalam satuan berat imperial. Dalam satuan ini, tentu saja nilai ons jadi berbeda nilainya dengan satuan metrik. Oleh sebab itu, kamu harus teliti saat melakukan konversi ons agar hasilnya akurat dan dijamin tidak terjadi kesalahan.

Mengenal Satuan Berat Ons

Setidaknya, ada 3 aturan sistem satuan ons yang diakui di dunia. Dengan mengetahui hal tersebut, maka jawaban dari 1 hg berapa ons akan lebih mudah ditemukan. Apa saja?

Baca Juga:  15 ml Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soalnya

Ons Metrik

Satuan berat metrik ini adalah yang paling sering digunakan di Indonesia jika dibandingkan dengan yang lainnya. Adapun satuan dalam sistem metrik adalah: meter, gram dan detik. Pertama dikenalkan pada zaman penjajahan Belanda, aturan ini menyepakati bahwa 1 ons itu setara dengan 100 gram.

Ons Imperial

Satuan berat imperial ini banyak digunakan di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Dalam aturan ini, nilai ons yang ditetapkan pun berbeda. 1 ons imperial disebut setara dengan 28,349… gram atau yang bisa dibulatkan menjadi 28,34 gram.

Ons Troy

Satuan berat troy biasanya digunakan dalam sistem perdagangan logam mulia mulai dari emas, perak hingga platinum. Dalam praktik tersebut, 1 ons disepakati memiliki berat setara dengan 31,1034768 gram (dibulatkan menjadi 31,1 gram).

Karena memiliki nilai yang berbeda, tentu saja kamu harus berhati-hati dalam melakukan konversi. Namun karena Indonesia menggunakan sistem satuan metrik, jadi kamu bisa melakukan konversi dengan acuan bahwa 1 ons = 100 gram.

Jadi, 1 Hg Berapa Ons?

Setelah mendapatkan nilai pasti dari konversi satuan metrik ons, maka selanjutnya kamu baru bisa mengonversinya ke bentuk lainnya. Diketahui bahwa 1 ons setara dengan 100 gram. Jadi, dari bentuk 100 gram, kamu pun bisa mengonversinya jadi bentuk hektogram (hg).

Baca Juga:  130 mL Berapa Sendok  Makan? Cara Konversi Tanpa Kalkulator

Dalam tangga satuan berat metrik, diketahui posisi hg berada dua tingkat di atas gram. Ini artinya, proses konversinya pun harus membagi dengan (10 x 10) atau 100. Jadi, agar tidak bingung, simak kalimat matematika berikut ini:

100 gram = … hg?

= 100 : 100

= 1 hg

Hasil perhitungan di atas menunjukkan bahwa 100 gram setara dengan 1 hg sekaligus 1 ons. Ini artinya, nilai ons dalam satuan metrik setara dengan hektogram (hg). Dengan demikian jawaban dari 1 hg berapa ons adalah setara yang artinya 1 hg = 1 ons!