1 Liter Berapa Gelas Takar? Cara Menghitung dan Pembahasan

Bppkibandung.id – Biasanya orang mengukur volume suatu cairan menggunakan satuan liter. Liter ini merupakan salah satu satuan yang khusus untuk menentukan volume. Lantas jika menggunakan alat berupa gelas, 1 liter berapa gelas? Seringkali orang mempertanyakan saat mengukur liter air.

Pada contoh kasus aturan minum air putih dalam sehari yang minimal harus 2 liter. Maka untuk memudahkan biasanya orang ingin mengukur hanya dengan hitungan berapa gelas. Itulah mengapa konversi liter ke gelas atau sebaliknya ini penting dipahami.

Cara menghitung satuan liter dengan gelas pun ada bermacam-macam. Ukuran gelas menjadi salah satu faktor pembeda dari jawaban konversi liter tersebut. Untuk itu penting diperhatikan terkait jenis gelas yang digunakan untuk mengukur hitungan liter.

Menghitung 1 Liter Berapa Gelas Takar

Sebagaimana yang sebelumnya telah dijelaskan, perhitungan liter ke gelas menghasilkan jawaban yang berbeda jika menggunakan jenis gelas yang berbeda pula. Secara umum ada dua jenis gelas yang biasa dipakai untuk mengukur liter ini. Diantara cara ukur dengan jenis gelas tersebut adalah:

Baca Juga:  30 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitung Takarannya

1. Gelas Belimbing

Salah satu jenis gelas yang sering dipakai untuk mengukur liter volume cairan adakah gelas belimbing. Lantas apa yang dimaksud dengan gelas belimbing? Gelas belimbing merupakan jenis gelas yang sangat umum ditemukan di Indonesia seperti di warung dan di rumah.

Gelas belimbing ini juga punya banyak ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran sedang. Gelas belimbing paling maksimal bisa diisi dengan air atau benda cair hingga 200 ml. Untuk itu dapat diperoleh perhitungan liter ke gelas adalah sebagai berikut:

1 gelas = 200 ml

= 0,2 liter

= ⅕ liter

Dari perhitungan di atas sudah diperoleh hasil bahwa 1 liter cairan setara dengan 5 gelas belimbing. Jadi jika ingin minum air sebanyak 1 liter, kamu bisa menakar dengan hitungan 5 gelas belimbing. Sedangkan jika 2 liter air maka tinggi dikalikan 2, yaitu 10 gelas belimbing.

2. Gelas Umum Air Mineral

Selain menggunakan gelas belimbing, kamu juga bisa menggunakan gelas yang umumnya dipakai untuk tempat air mineral. Gelas ini biasa dikenal dengan sebutan gelas air mineral.

Baca Juga:  1 Kubik Berapa Meter? Cara Menghitung dan Jawabannya

Gelas air mineral ini umumnya bisa menampung hingga 220 ml. Untuk cara ukurnya bisa menggunakan cara berikut:

Diketahui: 1 gelas air mineral = 220 ml

1 liter cairan = 1000 ml

1 liter = 1000 ÷ 220

1 liter = 4,5

Jadi setelah melalui beberapa tahapan cara hitung di atas sudah diperoleh hasil 1 liter berapa gelas jika menggunakan gelas air mineral umum. Maka jawaban yang diperoleh adalah 4,5 gelas air mineral.

Sehingga jika kamu butuh minum 2 liter dalam sehari, maka kamu harus siapkan sebanyak 9 gelas air mineral dalam sehari yang harus diminum.

Berdasarkan dua cara di atas kamu bisa menyesuaikan ingin menggunakan jenis gelas apa karena pada akhirnya ukuran dan jenis gelas dapat mempengaruhi hasil 1 liter berapa gelas air sebagaimana penjelasan tersebut.