1 Liter Berapa Cm3 (Kubik)? Cara Menjawab dan Menghitungnya

Bppkibandung.id – 1 liter berapa cm3? Liter adalah satuan volume atau kapasitas, sedangkan sentimeter adalah satuan panjang atau jarak. Meskipun keduanya merupakan jenis satuan yang berbeda, tidak jarang keduanya butuh untuk dikonversikan.

Terlebih lagi dalam konversi liter ke snetimeter kubik, hal ini perlu kamu ketahui dikarenakan kerap dibutuhkan saat ingin mengukur sesuatu. Kamu bisa memahami rumus dasarnya hingga contoh soal dan penjabarannya agar semakin paham dengan konversi ini.

Mengenal Liter dan Sentimeter

Liter berperan dalam mengukur volume cairan dan memberikan identifikasi pada wadah yang menyimpan cairan tersebut. Selain digunakan untuk cairan, liter juga memiliki peran dalam mengukur volume benda non-cair tertentu.

Seperti halnya dimensi bagasi mobil, ransel, tas pendakian, casing komputer, microwave, lemari es, dan wadah daur ulang. Selain itu, liter juga digunakan untuk menyatakan volume dan harga bahan bakar di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Baca Juga:  5 Liter Berapa Kg? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal

Sentimeter kubik sering diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, sering kali diekspresikan dalam bentuk mililiter (simbol: mL). mL dan kelipatannya lebih umum digunakan sebagai unit pengukuran volume dibandingkan dengan sentimeter kubik.

Meski begitu, di bidang medis dan otomotif di Amerika Serikat, sentimeter kubik masih sering digunakan, sementara di Inggris, sentimeter kubik digunakan dalam bidang medis namun tidak diadopsi di bidang otomotif.

1 Liter Berapa Cm3 (Kubik)? Inilah Jawabannya!

Kedua satuan ini dapat digunakan untuk mengukur volume, tetapi mereka digunakan dalam konteks yang berbeda. Liter lebih umum digunakan untuk menyatakan volume cairan, sementara sentimeter kubik (cm³) lebih sering diterapkan untuk mengukur volume objek padat atau ruang tiga dimensi.

Lantas, berapakah hasil dari 1 liter berapa cm kubik? Setelah dikonversikan, hasil yang diperoleh adalah sebesar 1000cm3. Jika sudah mengetahui hal tersebut, maka kamu akan dapat mengerjakan soal serupa dengan baik.

Contoh Soal Konversi Liter ke Sentimeter Kubik

Dalam banyak kasus, liter ke sentimeter kubik dapat dikonversi satu sama lain, tetapi penting untuk memahami konteks penggunaan agar dapat memilih satuan yang sesuai untuk keperluan pengukuran tertentu. Simak contoh soal berikut:

Baca Juga:  1 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Panjang

Bapak Andi membeli sebuah aquarium baru untuk ikan hiasnya. Volume aquarium tersebut adalah 2 liter. Konversikan volume aquarium ini ke dalam sentimeter kubik (cm³).

Jawaban:

Untuk mengonversi volume dari liter ke sentimeter kubik, kamu perlu menggunakan rumus konversi: 1 liter = 1000 cm3.

Volume cm3 = volume liter x 1000

Volume dalam cm3 = 2 liter x 1000

= 2000 cm3

Jadi, volume aquarium ikan hias Bapak Andi adalah 2000 cm³. Ini menunjukkan bahwa aquarium tersebut memiliki ruang atau kapasitas sebesar 2000 sentimeter kubik yang dapat diisi dengan air atau media lainnya untuk keperluan ikan hias.

Jawaban dari pertanyaan 1 liter berapa cm3 telah dijelaskan dalam penjelasan di atas. Kamu bisa mempelajari rumus dasar tersebut beserta contoh soal dan jawabannya yang telah disediakan di atas.