1 dag Berapa Ons? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – 1 dag berapa ons? Pertanyaan ini mungkin pernah kamu temukan saat mengukur satuan berat. Kedua satuan tersebut biasanya dijadikan sebagai satuan berbagai berat benda dalam kehidupan sehari-hari seperti minyak, dan sebagainya.

Satuan berat adalah bagian penting dalam pengukuran yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ranah ini, mungkin kamu seringkali bertemu dengan satuan-satuan yang mungkin terasa asing, seperti decagram (dag) dan ons.

Lantas, bagaimana cara menghitung konversi satuan berat? Hal pertama yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu adalah mengenai tangga satuan berat sebagai acuan dalam mengukur berat yang ingin dikonversikan.

Inilah Tangga Satuan Berat yang Perlu Diketahui!

Tangga satuan berat, atau sering juga disebut tangga satuan metrik, adalah representasi visual dari berbagai satuan berat dalam sistem metrik. Tangga ini membantu untuk memahami dan mengingat hubungan antara berbagai satuan berat dengan memperlihatkan faktor pengali atau pembagi 10.

Baca Juga:  12 Oz Berapa mL? Cara Hitung dan Konversinya

Setiap naik ke satu tingkat, maka kamu perlu membaginya ke angka 10. Kemudian tiap turun satu tingkat, kalikan besar satuannya dengan 10. Mari simak urutannya di bawah ini:

  • Kilogram (kg).
  • Hektogram (hg) atau ons.
  • Dekagram (dag).
  • Gram (g).
  • Desigram (dg).
  • Sentigram (cg).
  • Miligram (mg).

Berdasarkan tangga tersebut, bisa dilihat bahwa ons atau hg satu tingkat di atas dag. Maka jika ingin mengetahui besar nilai satuan dag ke ons, kamu perlu membaginya ke 10. Agar semakin dapat memahami hal tersebut, simak ulasan berikut:

1 Dag Berapa Ons? Ikuti Rumus Berikut!

Decagram, disingkat sebagai dag, adalah salah satu satuan berat dalam sistem metrik yang setara dengan 10 gram. Sementara itu, ons juga merupakan satuan berat yang digunakan secara luas, dan satu ons juga setara dengan 10 gram.

Dekagram ke ons perlu membaginya ke 10 terlebih dahulu dikarenakan naik satu tingkat. Lantas, 1 dag berapa ons? Inilah rumus dasarnya:

Besar dag : 10 ons

= 1 : 10 ons

= 0,1 ons

Jadi, 1 dag setara dengan 0,1 ons. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu dapat mengerjakan soal serupa dengan baik.

Baca Juga:  650 mL Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Sesuai Ukuran Gelas

Contoh Soal Dag ke Ons

Pengetahuan mengenai konversi ini berguna dalam berbagai konteks, terutama saat berurusan dengan masakan, berbelanja, atau memahami informasi berat dalam kehidupan sehari-hari. Mari simak contoh soal dan jawabannya berikut:

Pak Budi dan Ibu Ani merencanakan pertemuan kuliner di restoran Aneka Rasa. Mereka membawa beberapa hidangan ringan untuk dinikmati bersama. Pak Budi membawa kue dengan berat 7 decagram, sementara Ibu Ani membawa bakso yang beratnya 6 decagram.

Jika mereka ingin mengonversi berat kue dan bakso ke dalam ons, berapa total berat kedua hidangan tersebut dalam ons?

Jawaban:

Berat dalam ons = berat dalam dag x 0,1

Berat kue dalam ons:

7 dag x 0,1 ons/dag = 0,7 ons

Berat bakso dalam ons:

6 dag x 0,1 ons/dag = 0,6 ons

Total berat kedua hidangan:

0,7 ons + 0,6 ons = 1,3 ons

Jadi, total berat kue dan bakso yang dibawa oleh Pak Budi dan Ibu Ani adalah 1,3 ons.

Pembahasan mengenai jawaband dari 1 dag berapa ons telah dijelaskan dengan lengkap di atas. Kamu juga bisa mempelajari contoh soal yang telah tersedia bersama penjabarannya agar semakin paham mengenai konversi satuan berat.