1 Ton Berapa Ons? Jawaban dan Pembahasan Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Dalam tangga satuan berat, setidaknya ada 7 satuan yang umum digunakan dengan kilogram (kg) sebagai yang tertinggi. Namun ternyata, diatas kg masih ada satuan ton yang letaknya 3 tingkat diatas. Angka yang sangat jauh, bukan. Jika begitu, nilai dari 1 ton berapa ons?

Sebelumnya, diketahui bahwa daftar satuan berat adalah: kilogram (kg), ons/hektogram (hg), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), centigram (cg) dan milligram (mg). Namun ternyata di atas tangga kilogram masih ada kwintal kemudian ton yang berada di posisi puncak.

Umumnya, ton digunakan sebagai satuan berat yang bernilai besar. Misalnya, kebutuhan pasir proyek bangunan yang berjumlah besar. Daripada ditulis 10.000 kg, maka lebih praktis ditulis 10 ton. Jadi, fungsinya adalah untuk menyederhanakan angka agar lebih mudah diingat namun tetap akurat.

Mengenal Satuan Ton dalam Pengukuran Berat

Sebelum menjawab 1 ton berapa ons, mari kita kenal lebih dalam tentang satuan ton terlebih dulu. Sama seperti satuan ons, ton ternyata juga bisa digunakan dalam 2 sistem pengukuran yakni metrik dan imperial. Karena itulah, nilai pengukuran ton pun bisa berbeda mengikuti sistem pengukurannya.

Baca Juga:  40 mL Berapa Sendok Makan dan Gelas? Ini Jawabannya

Agar lebih jelas, simak berikut ini:

Ton Metrik

Dalam satuan berat metrik, ton biasanya digunakan untuk mengukur benda yang sangat berat mulai dari truk, kapal hingga berbagai muatan barang. Di Indonesia yang menggunakan sistem metrik, 1 ton setara dengan 1.000 kg. Ini artinya, kg ke ton naik sebanyak 3 tingkat di tangga satuan berat.

Ton Imperial

Dalam satuan imperial, ton biasanya digunakan untuk mengukur berat batu bara dan beberapa barang kargo lainnya. Dalam satuan imperial, nilai 1 ton dianggap setara dengan 2.204,62 pound (pon) atau dibulatkan menjadi 2.000 pon.

Jadi, 1 Ton Berapa Ons?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari terlebih dahulu menelisik tangga satuan berat jika ada ton dalam daftar. Seperti yang terlihat pada daftar di bawah ini:

Ton

Kwintal (Kw)

Kilogram (Kg)

Ons/Hektogram (Hg)

Dekagram (Dag)

Gram (G)

Desigram (Dg)

Centigram (Cg)

Milligram (Mg)

Dari daftar di atas, terlihat bahwa ton ke ons (hg) mengalami penurunan tangga sebanyak 4 kali. Ini artinya, konversi ton ke ons bisa diselesaikan lewat mengalikannya dengan (10 x 10 x 10 x 10). Singkatnya, konversi ton ke ons itu perkalian dengan 10.000.

Baca Juga:  Konversi 3 Liter Berapa mL, Cara Hitung dan Contoh Soal

Jika diterjemahkan dalam kalimat matematika, maka hasil detail perhitungannya adalah sebagai berikut:

1 ton = … ons (hg)

= 1 x 10.000

= 10.000 ons

Dari perhitungan tersebut, didapatkan hasil bahwa 1 ton itu setara dengan 10.000 ons. Dari nilai tersebut, kamu bisa mengaplikasikannya untuk menyelesaikan beberapa model soal yang membahas tentang konversi ton ke ons atau hektogram (hg).

Dengan demikian, pertanyaan 1 ton berapa ons akhirnya terjawab sudah! Sebagai catatan, konversi ton tidak hanya bisa dilakukan ke ons. Pasalnya, ton juga bisa diubah bentuk menjadi gram, desigram dan satuan lainnya. Namun, angkanya pasti akan lebih besar.