1 Mud Berapa Ons? Cara Menghitung Besaran Fidyah

Bppkibandung.id – Pernahkan kamu mendengar istilah mud? Istilah ini biasanya digunakan sebagai dasar berat zakat atau fidyah dalam Islam. Seperti diketahui, aturan kewajiban umat Islam dalam al-quran tertulis menggunakan satuan mud. Lantas, nilai 1 mud berapa ons?

Secara umum, mud biasanya banyak digunakan untuk mengukur besaran fidyah. Dalam agama Islam, fidyah merupakan sebuah kewajiban yang wajib dilaksanakan sebagai kompensasi atau pengganti dari kewajiban lain yang tidak bisa dilaksanakan. Misalnya, puasa saat bulan Ramadan.

Bentuk fidyah sendiri biasanya berupa makanan pokok yang diberikan kepada orang membutuhkan. Dalam al-quran tertulis bahwa besaran fidyah untuk setiap 1 puasa Ramadan yang ditinggalkan adalah 1 mud. Karena itulah, tidak heran jika nilai 1 mud kini banyak dicari untuk menentukan nilai konversinya

Menentukan Nilai Konversi 1 Mud

Sebelum menjawab tentang nilai 1 mud berapa ons, penting bagi kamu untuk memahami terlebih dahulu tentang konversinya sendiri. Setidaknya, ada beberapa pendapat ulama tentang konversi mud tersebut, diantaranya:

Baca Juga:  Cara Hitung 2 oz Berapa mL dan Gram Lengkap dengan Rumus

Syekh Wahbah Az-Zuhayli

Disebutkan bahwa 1 mud berarti satuan takaran yang memang susah jika dikonversikan ke berat. Namun, Syekh Wahbah Az-Zuhayli memperkirakan bahwa ukuran 1 mud tersebut mencakup dua telapak tangan orang dewasa atau sekitar ¾ liter atau sekitar 750 gram.

Syekh Wahbah al-Zuhaili

Selain pendapat sebelumnya, disebutkan juga dalam kitab al-Fiqih al-Islami wa Adillatuhu bahwa ukuran 1 mud setara dengan 675 gram. Dalam hal ini, 1 mud juga bisa dikonversikan ke kilogram dengan berat menjadi 0,675 kg.

Syekh Ali Jumah

Pada pendapat ketiga ini, Syekh Ali Jumah dalam kitab al-Makayil Wa al-Mawazin al-Syar’iyyah mengungkap nilai yang berbeda. Menurut hitungannya, satu mud setara dengan 510 gram atau jika dikonversi ke kilogram menjadi 0,510 kg.

Dari pendapat ulama di atas, bisa disimpulkan bahwa ada beberapa pendapat tentang ukuran pasti 1 mud. Namun jika diambil rata-ratanya, konversi 1 mud itu lebih dari setengah kilogram namun tidak sampai 1 kilogram.

Konversi 1 Mud Berapa Ons

Seperti diketahui, ukuran setidaknya ulama telah mengonversikannya ke satuan gram. Selanjutnya, berikut adalah nilai 1 mud setalah dikonversi ke bentuk ons. Karena ons setara dengan hektogram (hg), dan g ke hg naik 2 tingkat, maka konversinya harus dibagi dengan (10 x 10) atau 100.

Baca Juga:  Air 1 Gelas Berapa mL? Cara Menghitung dan Jawabannya

Dengan begitu, maka nilai 1 mud di atas, adalah sebagai berikut:

Syekh Wahbah Az-Zuhayli

750 gram = … ons

= 750 : 100

= 7,5 ons

Jadi, 1 mud menurut Syekh Wahbah Az-Zuhayli setara 7,5 ons

Syekh Wahbah al-Zuhaili

675 gram = … ons

= 675 : 100

= 6,75 ons

Jadi, 1 mud menurut Syekh Wahbah al-Zuhaili adalah 6,75 ons.

Syekh Ali Jumah

510 gram = … ons

= 510 : 100

= 5,1 ons

Jadi, 1 mud menurut Syekh Ali Jumah adalah 5,1 ons

Dari ketiga pendapat ulama tersebut, bisa disimpulkan bahwa jawaban dari 1 mud berapa ons memang tidak ada nilai pastinya. Namun, kamu bisa mengambil rerata diantara 5,1 sampai 7,5 ons sebagai acuannya.