1/5 Ons Berapa Gram? Rumus Konversi Berat & Cara Hitung

Bppkibandung.id – Konversi berat dari ons ke gram memang jadi hal umum yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, konversi mendadak jadi sulit jika angka yang digunakan berbentuk pecahan atau desimal. Misalnya saat menghitung 1/5 ons berapa gram. Padahal, langkah penyelesaiannya sangat mudah!

Dalam tangga satuan berat, diketahui bahwa ons memang tidak ada dalam daftar. Hanya saja, sejak lama nilainya sudah disepakati setara dengan 1 hektogram ‘(hg). Oleh sebab itu, kamu tidak perlu bingung jika menghadapi soal konversi ons karena kamu bisa menggunakan hg sebagai gantinya.

Setidaknya, ada 7 satuan berat yang ada dalam tangga. Ketujuh satuan tersebut antara lain: kilogram (kg), ons/hektogram (hg), dekagram (dag), gram (g), dg (desigram), centigram (cg) dan terakhir milligram (mg). Dalam penggunaan sehari-hari, kg, ons dan gram adalah yang sering digunakan.

Mengenal Tangga Satuan Berat

Sebelum membahas jawaban dari 1/5 ons berapa gram, mari pahami terlebih dahulu konsep perhitungan tangga satuan berat berikut ini. Secara berurutan, kg menempati posisi tertinggi sementara mg terendah. Hal ini terlihat dari tangga satuan berat berikut ini:

Baca Juga:  350 mL Berapa Gelas Besar, Belimbing & Plastik? Ini Jawabannya

Kg

Hg/Ons

Dag

G

Dg

Cg

Mg

Tangga satuan berat sangat berperan penting dalam proses konversi. Hal ini disebabkan karena aturan konversi berat bergantung pada aturan tangga. Setidaknya, aturan yang wajib kamu hafalkan dalam tangga satuan berat di atas adalah:

  • Apabila turun 1 tangga, maka konversi dikali dengan 10
  • Namun jika naik 1 tangga, maka konversi dibagi dengan 10
  • Naik/turun tangga 2 kali berarti dikali/dibagi dengan (10 x 10), begitu seterusnya

Dari aturan yang tertulis di atas, maka diketahui bahwa konversi ons ke gram mengalami penurunan sebanyak dua tangga. Ini artinya, konversinya mewajibkan kamu untuk mengalikannya dengan 10 x 10 atau 100.

Jadi, 1/5 Ons Berapa Gram?

Setelah mengetahui nilai konversi dari ons ke gram, maka barulah selanjutnya kamu bisa mengaplikasikannya dalam soal-soal pecahan. Soal-soal mungkin akan mudah dikerjakan jika pecahan yang muncul adalah 1/2. Namun, soal akan terasa susah jika yang muncul adalah 1/5.

Apakah kamu adalah salah satu yang mengalami kesulitan tersebut? Jika ya, jangan khawatir karena berikut ini adalah pembahasan dan penyelesaiannya:

Baca Juga:  100 ml Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung dan Konversinya

1/5 ons (hg) = … gram?

= 1/5 x 100

= 100/5

= 20 gram

Dari perhitungan di atas, didapatkan hasil bahwa 1/5 ons itu setara dengan 20 gram!

Agar lebih memahami soal konversi ons ke gram, berikut ini adalah contoh aplikasi soal lainnya:

Contoh Soal

Ayisha memiliki 30 ons tepung terigu. Jika dalam satu adonan kue, jumlah tepung yang dibutuhkan sebanyak 100 gram, berapa adonan yang bisa dibuat Ayisha?

Pembahasan

30 ons tepung terigu dikonversi ke gram jadi: 30 x 100 = 3.000 gram.

Jumlah adonan yang bisa dibuat Ayisha = total tepung : kebutuhan tepung per adonan

= 3.000 : 100

= 30 adonan kue

Jadi, jumlah adonan kue yang bisa dibuat Ayisha dengan tepung terigu yang dimilikinya adalah 30.

Pada akhirnya, konversi 1/5 ons berapa gram merupakan langkah awal untuk kamu bisa mengerjakan model soal lainnya. Karena itulah, kamu harus sering-sering melakukan latihan agar soal-soal konversi bisa diselesaikan dengan mudah.