200 mL Berapa Gram? Cara Hitung Sesuai Aturan Konversi

Bppkibandung.id – Banyak yang mengira bahwa satuan mililiter dan gram itu sebenarnya sama. Jadi, 200 mililiter pasti sama dengan 200 gram. Padahal tidak selalu begitu. Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum mencari jawaban untuk 200 ml berapa gram.

Proses konversi dari ml ke gram tidak bisa dilakukan sembarangan. Alasannya karena kedua satuan tersebut adalah ukuran satuan yang berbeda. Mililiter merupakan satuan untuk volume sedangkan gram merupakan satuan untuk massa. Lalu, bagaimana cara mengkonversi ml ke gram?

Konversi ML ke Gram Khusus untuk Air

Cara mengkonversi ml ke gram berbeda-beda, tergantung jenis bahan yang akan kamu gunakan. Kalau bahan yang akan kamu konversikan satuannya adalah air, maka tidak perlu rumus khusus. Untuk 200 ml air, massanya adalah 200 gram, jadi 200 ml air sama dengan 200 gram air.

Yang perlu diingat adalah rumus 1 ml = 1 gram ini hanya berlaku untuk air yang suhunya normal. Jika air yang digunakan adalah air yang dingin atau air mendidih, maka akan ada perbedaan antara massa dan volume sehingga rumus 1 ml = 1 gram tidak bisa diberlakukan.

Baca Juga:  10 dm Berapa cm? Rumus Mengubah Konversi dan Cara Hitung

Dan tentu saja, rumus ini juga tidak berlaku untuk bahan cair lainnya. Di bawah, kamu akan menemukan rumus lain untuk susu cair dan berbagai bahan dapur lainnya.

200 ML Berapa Gram?

Tergantung jenis bahan yang akan kamu konversikan. Rumus untuk susu cair, mentega, tepung, madu, gula, dan bahan-bahan lain akan sangat berbeda. Untuk mendapatkan jawaban dari 200 ml setara dengan berapa gram, cermati rumus berikut ini.

  • Susu cair mempunyai massa 1,03 gram untuk volume 1 ml. Jadi, 200 ml setara dengan berapa gram susu cair? Rumusnya adalah 1,03 gram x 200 ml. Jadi, 200 ml susu cair = 206 gram.
  • Tepung mempunyai massa 0,57 gram untuk ukuran 1 ml. Rumus khusus untuk konversi tepung dari ml ke gram adalah 0,57 gram x 200 ml = 114 gram. Ukuran ini adalah untuk tepung roti, tepung gandum, dan tepung serbaguna yang kepadatannya hampir sama.
  • Bagaimana dengan 200 ml berapa gram madu? Madu mempunyai massa 1,4 gram untuk 1 ml. Untuk mengkonversi tepung dari ml ke gram rumusnya adalah 1,4 gram x 200 ml = 280 gram.
  • Butter atau mentega dengan massa 0,911 mempunyai rumus 0.911 gram x 200 ml. Hasilnya, 200 ml mentega adalah 182,2 gram.
Baca Juga:  1 hm Berapa dm? Jawaban, Cara Hitung, dan Contoh Soal

Untuk bahan-bahan lain, kamu bisa menggunakan alat konversi online. Jadi, kamu bisa mendapatkan hasil konversi yang lebih tepat dan tidak sekedar ilmu kira-kira saja.

Jawaban untuk 200 ml berapa gram akan sangat bergantung pada bahan yang dikonversikan. Angka 200 ml untuk air akan sama dengan 200 gram air asal suhu airnya normal. Hasil untuk bahan lain akan berbeda, tergantung massa benda tersebut.