180 mL Berapa Gelas Kecil, Sedang, dan Besar? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Gelas yang kamu miliki di dapur mempunyai fungsi utama sebagai wadah untuk minuman. Tapi bukan itu saja fungsinya. Banyak ibu-ibu yang menggunakan gelas kaca sebagai suatu alat ukur atau gelas takar. Kalau begitu, 180 ml berapa gelas?

Tidak seperti gelas takar yang sudah dilengkapi dengan garis penanda ukuran, gelas kaca biasa yang ada di dapur tidak punya penanda apapun. Jadi, ukuran yang dihasilkan tidak bisa sama persis dengan yang ditunjukkan oleh gelas takar.

Jenis dan Kapasitas Gelas Kaca di Rumah

Jenis gelas kaca dan keramik memang tidak terhitung. Tapi biasanya di rumah ada setidaknya 3 jenis gelas kaca dan keramik dengan kapasitas dan ukuran yang berbeda-beda. Tiga jenis gelas tersebut bisa sama-sama dipakai sebagai alat ukur untuk bahan cair.

Tapi sebelumnya, kamu harus tahu dulu ukuran dan kapasitas setiap jenis gelas tersebut. Dengan mengetahui kapasitasnya, kamu bisa mengetahui takaran 180 ml di setiap gelas sehingga kamu bisa memakai gelas kaca atau keramik tersebut sebagai alat ukur alternatif.

  • Cangkir keramik kecil dengan gagang yang biasanya dipakai untuk membuat minuman panas seperti kopi hitam mempunyai kapasitas 200 ml (dengan syarat cangkir diisi dengan bahan cair dengan menyisakan sedikit jarak di bagian atasnya).
  • Gelas belimbing tanpa gagang mempunyai kapasitas 250 ml (dengan sisa sedikit jarak di bagian atas gelas).
  • Gelas es teh, es kelapa muda, atau es cendol yang terbuat dari kaca serta mempunyai gagang berkapasitas hingga 400 ml.
Baca Juga:  5 ml Berapa Sendok Makan? Konversi dan Cara Hitungnya

Benda Cair 180 ML Berapa Gelas?

Setelah mengetahui 3 jenis gelas paling populer dan kapasitas masing-masing jenisnya, kamu bisa mulai mencari tahu berapa takaran gelas untuk ukuran 180 ml. Ada satu rumus sederhana yang perlu kamu ingat, yaitu: 180 ml : kapasitas gelas. Berikut ini cara memakai rumus tersebut.

Pada cangkir kopi kecil

 = = 0,9 gelas.

Jadi, 180 ml air pada cangkir kopi kecil adalah sekitar 1 gelas kurang sedikit atau 0,9 gelas.

Pada gelas belimbing

 = 0,72 gelas.

Jawaban untuk 180 ml berapa gelas belimbing adalah mendekati ¾ gelas atau 0,72 gelas.

Pada gelas es teh

= 0,45 gelas.

Jika kamu menggunakan gelas es teh yang ada gagangnya, maka 180 ml air adalah sekitar setengah gelas kurang sedikit.

Rumus yang sama berlaku untuk jenis gelas lain yang akan kamu gunakan sebagai alat ukur. Pastikan kamu tahu dulu ukuran dan kapasitas gelas yang akan dipakai, lalu tinggal bagikan saja angka 180 dengan kapasitas gelas tersebut untuk mengetahui berapa hasilnya.

Baca Juga:  1/25 Kg Berapa Ons? Ini Cara Hitung, Rumus, dan Contohnya

Jawaban untuk 180 ml berapa gelas tidak akan sama jika gelas yang kamu pakai berbeda-beda. Langkah pertama adalah mencari tahu kapasitas gelas yang akan dipakai untuk mengukur kemudian menerapkan rumus yang ada di atas pada gelas tersebut.