5 cm Berapa dm? Cara Hitung dengan Tangga Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Satuan panjang menjadi salah satu materi yang pasti didapatkan oleh semua orang ketika dibangku sekolah dasar. Untuk memudahkan menghitungnya, kamu harus tahu urutan yang benar dari tangga satuan panjang. Dengan demikian, bisa didapatkan jawaban dari 5 cm berapa dm.

Nilai dari 5 cm dalam dm tentu akan berbeda dengan nilai dari 5 cm dalam meter. Begitu juga dengan satuan yang lainnya. Maka dari itu, cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghitungnya yaitu bisa dengan menghafalkan terlebih dahulu tangga satuan panjang.

Mengenal Tangga Satuan Panjang

Tidak semua jarak atau pengukuran benda cukup dihitung menggunakan satu jenis satuan saja. Maka dari itu, terdapat satuan panjang lainnya yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Satuan-satuan ini diurutkan menjadi sebuah tangga yang disebut dengan tangga satuan panjang.

Urutan dalam tangga ini merupakan hasil dari kesepakatan para ilmuwan dari berbagai negara. Maka dari itu, dengan adanya kesepakatan ini membuat hasil pengukuran dari suatu negara dengan negara lainnya memiliki nilai yang sama.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Kuintal? Cara Hitung, Rumus, dan Contoh Soal

Adapun urutan tangga satuan panjang dari tangga paling atas ke tangga paling bawah yaitu sebagai berikut:

  • Kilometer
  • Hektometer
  • Dekameter
  • Meter
  • Desimeter
  • Centimeter
  • Milimeter

Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai tangga satuan panjang. Dari tangga tersebut kamu bisa lho, menghitung satuan panjang sehingga nantinya kamu bisa menghitung nilai dari 5 cm berapa dm.

Cara menghitung juga sangat mudah. Pertama, gambar tangga konversi terlebih dahulu sesuai dengan urutan yang benar. Selanjutnya agar bisa menghitung hasilnya dengan tepat, lihat letak masing-masing anak tangga dari satuan asal dan satuan yang akan diubah.

Ketentuan cara menghitungnya yaitu untuk setiap kenaikan satu tangga maka nilainya harus dibagi dengan 10, sedangkan untuk penurunan anak tangga dikali dengan 10. Dari pernyataan tersebut maka bisa disimpulkan sebagai berikut:

  • 000 mm = 1000 cm = 100 dm = 10 m = 1 dam = 0,1 hm = 0,01 km
  • 0,5 km = 5 hm = 50 dam = 500 m = 50 dm = 5 cm = 0,5 mm

Menghitung 5 Cm Berapa Dm?

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung konversi satuan hitung, maka kamu sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Melihat dari satuannya, maka kamu harus mengubah satuannya dari cm menjadi dm.

Baca Juga:  1 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Panjang

Posisi dm dari cm letaknya naik satu tingkat, jadi harus dibagi dengan angka 10. Untuk itu jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu:

  • 5 cm = 5/10

= 0,5 dm

Menghitung konversi satuan panjang ternyata sangat mudah bukan? Kamu bisa mengetahui jawaban dari 5 cm berapa dm, serta konversi satuan yang lainnya. Selain itu, dengan mempelajari materi ini juga bisa membuat perhitungan menjadi lebih sederhana dengan penggunaan satuan yang tepat.