30 Liter Berapa Kg Beras, Air, Gula, Minyak? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Solusi cara konversi dari liter ke kilogram ialah memakai rumus massa jenis atau densitas. Rumus ini juga dapat dipakai untuk menjawab soal 30 liter berapa kg. Perhitungan rumus ini cukup mudah untuk dikerjakan.

Setiap benda yang dikonversi dari liter ke kilogram pasti memiliki jumlah massa jenis. Lumrah diketahui bahwa massa jenis air yaitu 1 kg/L. Namun, minyak goreng, gula pasir, beras, dan solar memiliki massa jenis yang kurang dari 1 kg/L.

Solusi Penyelesaian dari Soal 30 Liter Berapa Kg

Semakin besar massa jenis dan volume benda, massa benda yang ditanyakan dalam kilogram akan semakin besar pula. Pernyataan yang mengatakan bahwa 30 liter air sama dengan 30 liter minyak goreng dapat dibuktikan ulang. Massa jenis air dan minyak goreng memiliki jumlah yang berlainan.

Baca Juga:  50 mL Berapa Sendok Makan dan Sendok Teh? Ini jawabannya

1. 30 Liter Beras Berapa Kg?

Diketahui jumlah volume beras yang ditanyakan adalah 30 liter beras. Secara umum, massa jenis beras yang sering dipakai sebesar 0,753 kg/L. Untuk mengkonversi 30 liter ke kilogram, massa jenis beras perlu dikalikan dengan volume beras.

  • Massa (m) = massa jenis beras (ρ) x volume (V)
  • Massa (m) = 0,753 kg/L x 30 L = 22,59 kilogram

2. 30 Liter Air Berapa Kg?

Sebuah bak mandi memiliki sisa air sebanyak 30 liter. Bila diubah ke dalam satuan kilogram, maka berapa banyak air dalam bak mandi? Kamu bisa menyelesaikannya dengan cara mencari data massa jenis air, kemudian mengalikannya dengan 30 liter.

  • Massa (m) = massa jenis air (ρ) x volume (V)
  • Massa (m) = 1 kg/L x 30 L = 30 kilogram

3. 30 Liter Minyak Goreng Berapa Kg?

Hasil dari 30 liter berapa kg untuk minyak goreng adalah 27,99 kilogram. Mengapa tidak 30 kilogram? Karena massa jenis minyak goreng yang dipakai dalam proses memasak hanya sebesar 0,933 kg/L, tidak sampai 1 kg/L.

  • Massa (m) = massa jenis minyak goreng (ρ) x volume (V)
  • Massa (m) = 0,933 kg/L x 30 L = 27,99 kilogram
Baca Juga:  1 Mud Berapa Ons? Cara Menghitung Besaran Fidyah

4. Gula Pasir?

Dalam proses pembuatan minuman kemasan di pabrik, diperlukan gula pasir sebanyak 30 liter. Namun, gula pasir yang dijual di pasaran menggunakan satuan kilogram. Untuk memecahkan masalah ini, kamu bisa mengalikan 30 liter dengan 0,849 kg/L (massa jenis gula pasir).

  • Massa (m) = massa jenis gula pasir (ρ) x volume (V)
  • Massa (m) = 0,849 kg/L x 30 L = 25,47 kilogram

5. Solar?

Seorang pengemudi truk ingin mengisi bahan bakar sebanyak 30 liter solar. Jika ingin mengubahnya dalam satuan kilogram, hal yang perlu dilakukan oleh sopir truk adalah mengalikan massa jenis solar dengan volume pada liter. 30 liter sama dengan 24,96 kilogram untuk solar.

  • Massa (m) = massa jenis solar (ρ) x volume (V)
  • Massa (m) = 0,832 kg/L x 30 L = 24,96 kilogram

Data massa jenis benda menjadi satu komponen penting dalam perhitungan 30 liter berapa kg. Tanpa adanya data massa jenis, proses konversi dari liter ke kg tidak dapat diselesaikan. Diperlukan ketelitian dalam mengkonversi liter ke kg sebab angka yang digunakan banyak yang desimal.

Baca Juga:  Konversi 3 Liter Berapa Kg Beras, Minyak Goreng, dan Air