90 mL Berapa Sendok Makan dan Sendok Teh? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Saat ingin membuat kue, terlebih dahulu harus disiapkan bahan-bahan dengan takaran tertentu. Alat yang umum digunakan untuk mengukur jumlah bahan yang berbentuk cairan adalah sendok makan. Sebagai contoh, kue yang sempurna harus ditambahkan air 90 mL, tapi 90 mL berapa sendok makan.

Kondisi tersebut tentu akan membingungkan karena lebih atau kurang dari takaran akan membuat kue menjadi tidak sempurna. Hal inilah yang membuat kamu harus bisa mengetahui cara pengukuran bahan dengan sendok makan. Pertama-tama, pilih jenis sendok yang akan digunakan untuk mengukur.

Selanjutnya, cari tahu 1 mL berapa sendok makan untuk memudahkan perhitungan. Jangan khawatir, operasi hitung yang digunakan sangat sederhana sehingga tidak akan serumit pelajaran matematika di sekolah. Kamu bahkan bisa menggunakan bantuan kalkulator agar lebih cepat menghitung.

90 mL Berapa Sendok Makan

Satu sendok makan diketahui dapat menampung cairan sebanyak 15 mL. Artinya, setiap satu sendok makan penuh bisa mengambil bahan sebanyak nilai tersebut. Jika bahan yang akan diukur lebih dari 15 mL, maka setiap sendoknya harus dibuat penuh, sedangkan jika kurang dapat disesuaikan.

Baca Juga:  1 m Berapa dm? Ini Rumus Menghitung dan Jawabannya

Cara tersebut sudah sangat umum digunakan saat memasak karena dinilai lebih pas dan praktis. Hasil masakan serta rasanya pun akan sesuai dengan ekspektasi jika menggunakan takaran sendok. Namun, kamu juga harus bisa menghitung berapa jumlah sendok makan untuk setiap bahan, seperti:

1 sendok makan = 15 mL

90 mL = … sendok makan?

= 90 mL : 15 mL

= 6 sendok makan

Jadi, 90 mL setara dengan 6 sendok makan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sendok makan memiliki banyak ukuran. Bentuk lengkungannya pun sangat mempengaruhi banyaknya isi atau volume yang bisa ditampung. Volume 15 mL tersebut adalah daya tampung standar yang dimiliki oleh sendok makan secara umum.

Jika sendok makan yang kamu gunakan memiliki ukuran yang lebih besar, maka volumenya juga lebih dari 15 mL. Alhasil, pengukuran takaran sendok di atas juga akan berubah. Sama halnya jika sendok makan yang digunakan lebih kecil, maka daya tampung bahannya juga pasti kurang dari 15 mL.

90 mL Berapa Sendok Teh

Menentukan 90 mL berapa sendok makan tentu akan berbeda jika alatnya diganti menjadi sendok teh. Meskipun sama-sama sendok tetapi ukurannya berbeda sehingga kapasitas bahan yang bisa ditampung pun tidak sama. Jika sendok makan memiliki volume 15 mL, maka sendok teh hanya 5 mL.

Baca Juga:  1 Liter Berapa Cm3 (Kubik)? Cara Menjawab dan Menghitungnya

1 sendok teh = 5 mL

90 mL = … sendok teh?

= 90 mL : 5 mL

= 18 sendok teh

Cara hitung 90 mL berapa sendok makan sangat tergantung pada daya tampung atau ukuran sendok. Semakin besar sendok tersebut, maka bahan yang bisa diambil pun semakin banyak, begitupun sebaliknya. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan antara volume sendok dengan bahan dengan baik.