400 Gram Berapa mL? Cara Hitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Benda-benda yang digunakan maupun makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki massa yang berbeda-beda. Untuk menyatakan massa digunakan satuan gram dan untuk cairan dinyatakan sebagai mililiter atau liter. Namun, satuan juga dapat diubah menjadi satuan lain, seperti 400 gram berapa mL.

Pengubahan satuan dikenal dengan istilah konversi. Nah, konversi akan membantu untuk menunjukkan nilai yang setara antara satuan. Misalnya, 1 liter minyak sama dengan 1.000 mililiter. Jadi, saat berbelanja dan melihat produk dengan satuan mL, tidak bingung lagi dengan volumenya.

Satuan volume dan massa yang digunakan untuk menyatakan berat dan volume cukup banyak. Mulai dari kilogram (kg), desigram (dg), liter (l), desiliter (dl), kiloliter (kl), gram (gr), mililiter (mL), dan masih banyak lagi. Akan tetapi, dalam artikel ini akan berfokus untuk membahas mililiter (mL) dengan gram.

400 Gram Berapa mL

Cara mengubah atau konversi satuan gram ke mililiter dapat dilakukan secara langsung maupun dengan mempertimbangkan faktor tertentu. Dalam hal ini, zat yang volume atau massanya yang akan dikonversi memiliki massa jenis. Nah, massa jenis tersebut ada yang diketahui dan ada pula yang tidak.

Baca Juga:  450 ML Berapa Gelas Air? Ini Cara Menghitung Takarannya

Misalnya, saat melihat tepung dengan massa 1 gram (massa jenis tidak diketahui). Untuk melakukan konversi satuan, kamu hanya perlu mengetahui nilai 1 gram berapa mL. Berdasarkan aturan yang berlaku, 1 gram zat dianggap setara dengan 1 mL. Oleh karena itu, cara hitung massa menjadi:

1 gram = 1 mL

400 gram = 400 x 1 mL

= 400 mL

Jadi, 400 gram setara dengan 400 mL

Namun, jika kerapatan dari suatu zat diketahui, berarti cara diatas tidak dapat digunakan. Alasannya karena setiap zat memiliki kerapatan atau massa jenis yang tidak sama dan berpengaruh terhadap volumenya. Jika demikian, mendapatkan volume harus membagi massa dengan kerapatan, seperti:

Volume (mL) = massa zat (gram) : massa jenis/kerapatan (gram/cm3)

400 Gram Berapa Gelas

Pengukuran volume tidak hanya bisa dilakukan dengan perhitungan, tetap juga menggunakan alat ukur. Kamu pasti tidak asing lagi dengan alat ukur yang sudah dilengkapi dengan penanda yang menunjukkan batas jumlah cairan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki gelas ukur di rumah.

Oleh karena itu, dibutuhkan alat sederhana yang bisa menjadi alternatif pengukuran. Sebagai contoh, kamu ingin menentukan 400 gram berapa mL tetapi dalam satuan gelas. Agar pengukuran volume lebih mudah, pilih gelas yang biasa digunakan untuk minum dengan ukuran 200 mL, lalu hitung.

Baca Juga:  400 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soal

1 gelas = 200 mL

400 mL = … gelas?

= 400 mL : 200 mL

= 2 gelas

Perhitungan 400 gram berapa mL akan sangat mudah jika zat yang ingin dikonversi tidak diketahui massa jenisnya. Namun, jika nilai massa jenis tersebut diketahui, maka kamu harus menggunakan operasi pembagian yang telah dijelaskan diatas.