30 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dan Rumusnya

Bppkibandung.id – Gram dan mililiter (ml) adalah dua jenis satuan yang berbeda dimensi tapi sering digunakan bersamaan. Contohnya, 30 gram berapa ml bisa dihitung dengan menggunakan rumus konversi massa dan volume.

Cara menghitung persamaan ini diperlukan rumus yang menghubungkan massa benda dengan volume, yaitu densitas. Densitas adalah kerapatan suatu benda yang dilambangkan dengan gram/ ml, atau gram per mililiter.

Rumus Menghitung 30 Gram Berapa Ml

Melansir dari The Calculator Site, agar bisa mengetahui berapa ml 30 gram itu, maka harus tahu dulu densitas benda yang hendak diukur. Besarnya densitas benda berbeda-beda tergantung dari jenisnya, karena setiap benda mempunyai kepadatan masing-masing.

Dalam pembahasan kali ini karena yang ingin dikonversikan dari gram adalah mililiter, maka digunakan asumsi bahwa benda yang diukur berbentuk cair. Lebih khususnya lagi, supaya ada kesepakatan dalam densitas, maka yang diukur adalah air.

Baca Juga:  40 dm Berapa m? Ini Jawaban, Cara Hitung dan Contoh Soal

1. Nilai Densitas Air

Supaya soal 30 gram berapa ml dapat dihitung maka ketahui dulu densitas dari benda tersebut. Kali ini yang digunakan adalah densitas air untuk mewakili zat cair pada umumnya. Berapakah nilai densitas air tersebut?

Densitas air adalah 1 gram/ ml, sehingga dapat diartikan bahwa nilai gram dan ml untuk air adalah setara atau sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap 1 gram air memiliki volume sebesar 1 ml. Kalau 30 gram itu sama artinya dengan 30 ml.

2. Konversi Gram ke Ml

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa berdasarkan rumus densitas, 1 gram air setara dengan 1 ml. Artinya, air seberat 30 gram setara dengan 30 ml. Apakah rumus ini berlaku untuk semua jenis cairan, ternyata tidak. Begitu juga dengan benda-benda yang lainnya.

Jadi jawabannya bisa berbeda kalau benda yang dihitung bukan air, misalnya minyak goreng. Ingat, bahwa kerapatan setiap benda itu tidak sama sehingga densitasnya juga berbeda.

Dalam contoh tersebut hal pertama yang harus dilihat adalah berapa densitas minyak goreng. Didapatkan perhitungan berikut :

  • Densitas minyak goreng = 0,92
  • 100 gram minyak = 100 x 0,92 = 92 ml.
Baca Juga:  2 kg Berapa dag? Cara Konversi dan Contoh Soal

Beradasarkan nilai densitas minyak goreng tersebut, maka 30 gram berapa ml? Caranya mudah sekali, yaitu :

  • 30 gram x 0,92 = 27,6 ml

Tidak usah menggunakan kalkulator kalau hanya menghitung 30 gram berapa ml. Yang perlu diketahui adalah berapa nilai densitas dari benda yang akan diukur lalu lakukan perhitungan. Kalau bendanya air, nilai densitasnya 1 g/ml jadi 30 gram setara dengan 30 ml.

Namun kalau benda yang diukur bukan air, berapa mililiter 30 gram itu bisa jadi berbeda jawabannya. Caranya adalah lihat dulu berapa densitas benda tersebut baru dikalikan dengan beratnya. Misalnya densitasnya 1,03 maka 30 gram sama dengan 30,9 ml.