350 mL Berapa Gram? Cara Menghitungnya dengan Cepat

Bppkibandung.id – Saat berbelanja di pasar atau supermarket, setiap produk kemasan memiliki keterangan untuk menunjukkan besar volume atau massanya. Umumnya, volume produk dinyatakan dalam satuan liter, mililiter, gram, atau kilogram. Lalu, bagaimana cara menghitung volume 350 mL berapa gram?

Dalam kondisi tersebut, kamu harus melakukan konversi satuan. Istilah ini merujuk pada pengubahan satuan dengan mempertimbangkan nilai yang setara dengan satuan lainnya. Dalam hal ini, satuan mililiter (mL) dapat diubah menjadi gram maupun sebaliknya jika nilai pembandingnya diketahui.

Di bangku sekolah, cara konversi satuan sudah dipelajari sehingga tidak akan asing lagi. Namun, materi tersebut tentu tidak dipahami oleh semua orang atau bahkan banyak yang melupakannya. Nah, cara untuk melakukan konversi satuan dengan tepat adalah dengan kalkulator atau menghitung manual.

350 mL Berapa Gram

Secara matematis, gram dengan mililiter memiliki ukuran yang sama. Artinya, 1 mililiter dianggap setara dengan 1 gram, begitupun sebaliknya. Akan tetapi, tidak semua zat memiliki kerapatan atau massa jenis yang sama sehingga tidak selamanya kedua satuan tersebut memiliki nilai yang sama.

Baca Juga:  Konversi 1 mL Berapa Gram dan Cara Menghitungnya

Jika zat yang ingin dicari volumenya memiliki massa jenis yang diketahui, maka kamu tidak bisa menyamakan satuan gram dan mL. Cara konversi tersebut biasanya dipakai saat menyelesaikan soal fisika di sekolah atau universitas. Sementara itu, untuk perhitungan umum seperti berikut ini.

1 mL = 1 gram

350 mL = … gram?

= 350 x 1 gram

= 350 gram

Jadi, 350 mL setara dengan 350 gram

Dalam contoh diatas tidak sebutkan zat yang memiliki volume sebanyak 350 mL. Oleh karena itu, massa jenis atau kerapatan dari zat tersebut tidak diperhitungkan. Namun, berbeda jika volume zat yang dicari memiliki massa jenis yang diketahui. Jika demikian, harus memakai rumus massa yaitu:

massa (gram) = massa jenis zat x volume (mL)

350 mL Berapa Sendok Makan

Selain konversi satuan 350 mL berapa gram, mengukur massa zat juga bisa menggunakan peralatan seperti sendok makan. Alat ini banyak digunakan saat memasak jika tidak memiliki timbangan di rumah. Meskipun bukan satuan baku, tetapi takaran sendok makan sudah tergolong efektif digunakan.

Baca Juga:  400 dam Berapa dm? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Untuk satu sendok makan diketahui dapat menampung sebanyak 15 mL (cairan). Namun, jika zat dalam bentuk padat, maka massa untuk satu sendok makan akan berbeda tergantung kerapatannya. Selain itu, ukuran dari sendok yang bervariasi juga akan mempengaruhi volumenya.

1 sendok makan = 15 mL

350 mL = … sendok makan?

= 350 mL : 15 mL

= 23,33 sendok makan

Menghitung volume 350 mL berapa gram umumnya cukup mudah jika kerapatan atau massa jenis zat tidak ketahui. Hal ini disebabkan karena massa dan volume zat dianggap sama sehingga tidak membutuhkan perhitungan yang rumit. Namun, berbeda jika massa jenis dari zat tersebut diketahui.