1 cm3 Berapa mL? Cara Menghitung dengan Cepat

Bppkibandung.id – Volume cairan dinyatakan dalam berbagai satuan, tergantung konteks maupun zat yang diukur. Satuan volume cairan yang umum digunakan adalah sentimeter kubik (cm3) dan mililiter (mL). Kedua cairan tersebut sering dikonversi antara satu sama lain. Lalu, sebenarnya nilai dari 1 cm3 berapa mL?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut harus dimulai dengan membahas satuan satu per satu. Sentimeter kubik atau cm3 mungkin masih kurang familiar untuk digunakan sehari-hari. Namun, satuan ini memiliki nama lain yang banyak dipakai untuk menyatakan volume cairan kecil yaitu cc.

Jadi, jika kamu melihat produk yang menulis volumenya dalam satuan cc, berarti sama dengan cm3. Sementara itu, mililiter adalah satuan volume dengan skala yang sama dengan cc dan dipakai untuk menyatakan volume yang kecil. Satuan ini bisa ditemukan dalam kemasan minyak, kecap, atau saus.

1 cm3 Berapa mL

Konversi satuan berarti mengubah satuan tersebut menjadi bentuk lain dengan nilai yang setara. Misalnya, air satu liter akan diubah menjadi satuan mililiter. Berdasarkan aturan pengukuran, 1 liter setara dengan 1000 mL. Jadi, air yang sebelumnya 1 liter, jika diubah ke mL nilainya menjadi 1.000.

Baca Juga:  5 Kg Berapa Liter? Cara Menghitung dan Konversi Satuannya

Meskipun dengan nilai yang berbeda, tetapi jumlah volume keduanya tetap sama. Hal inilah yang juga berlaku pada konversi satuan cm3 atau cc ke mL. Namun, 1 cm3 diketahui setara dengan 1 mL. Dengan demikian, proses konversinya tidak rumit karena meskipun satuannya berbeda, tetapi nilainya sama.

1 cm3 = 1 mL

Contoh konversi:

100 cm3 berapa mL?

Jawab: 100 mL

Selain itu konversi satuan sebaliknya pun sama, yaitu mL ke cm3. Jadi, saat melihat produk dimana pada kemasannya tertulis satuan cc atau cm3, maka volumenya akan sama saja jika dalam satuan mL. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan banyaknya cairan atau zat yang ada di dalam produk.

1 cm3 Berapa Sendok Makan

Mengetahui 1 cm3 berapa mL akan memudahkan kamu untuk mengambil cairan dalam jumlah yang sedikit. Sebenarnya, untuk mengambil cairan 1 cm3 atau 1 mL lebih akurat menggunakan pipet karena jumlahnya yang sangat kecil. Namun, jika tidak memiliki pipet bisa menggunakan sendok makan.

Alat tersebut tentu sangat mudah untuk ditemui di rumah masing-masing. Sayangnya, volume cairan yang kemungkinan bisa diambil tidak tepat karena hanya menggunakan perkiraan. Meskipun demikian, penggunaan sendok makan untuk cairan 1 cm3 dapat dihitung dengan cara di bawah ini.

Baca Juga:  180 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Konversi Lengkapnya

1 sendok makan = 15 mL

1 mL = … sendok makan?

= 1 mL : 15 mL

= 0,067 sendok makan

Satuan cm3 atau cc secara matematis sama dengan mL. Oleh karena itu, jawaban dari 1 cm3 berapa mL adalah 1. Jadi, menggunakan satuan satuan tersebut dalam menyatakan jumlah volume suatu cairan akan menghasilkan nilai yang sama.