40 mL Berapa Sendok Makan dan Gelas? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Sendok makan adalah alat yang umumnya dimiliki oleh setiap rumah. Bahkan, saat berkunjung ke tempat makan pun, alat ini selalu disiapkan untuk membantu seseorang dalam mengambil makanan. Selain itu, sendok juga berfungsi sebagai alat ukur, seperti menentukan 40 mL berapa sendok makan.

Menggunakan sendok sebagai alat ukur sudah umum dilakukan oleh orang-orang. Cara ini dinilai lebih praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi, sendok makan pasti akan tersedia di rumah masing-masing. Jadi, untuk mengukur cairan seperti air, saus, dan kecap adalah hal yang sangat mudah.

Jika ingin memasukkan 1-2 sendok makan untuk bahan tertentu, kamu tentu tidak akan kesulitan. Cukup tuang bahan yang dimaksud ke dalam sendok hingga penuh lalu tuang ke dalam wadah yang diinginkan. Akan tetapi, hal tersebut akan sedikit lebih berbeda jika volume bahan yang diketahui.

40 mL Berapa Sendok Makan

Jika ingin melakukan konversi volume bahan ke dalam sendok makan harus dilakukan dengan menentukan jenis sendok terlebih dahulu. Jenis tersebut akan mempengaruhi daya tampungnya serta berapa banyak yang dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan volume bahan yang akan dipakai.

Baca Juga:  Cara Hitung 20 mg Berapa mL dan Contoh Soalnya

Secara sederhana, kamu bisa memilih sendok makan berukuran sedang dimana lengkungannya dapat menampung cairan sebanyak 15 mL. Perlu diketahui, bahwa sendok makan berbeda dengan sendok teh yang ukurannya jauh lebih kecil. Jadi, pastikan untuk memilih jenis sendok yang tepat lalu hitung.

1 sendok makan = 15 mL

40 mL = … sendok makan?

= 2,67 sendok makan

Jadi, 40 mL setara dengan 2,67 sendok makan. Artinya, untuk menakar cairan dengan volume tersebut membutuhkan 2-3 sendok makan. Namun, kamu pasti akan kebingungan bagaimana cara menentukan 0,67 karena kurang dari 3 sendok makan. Sebagai catatan, 0,67 sama dengan 2/3 sendok makan.

Oleh karena itu, jika ingin mengambil cairan sebanyak 40 mL, tuang sebanyak 2 sendok terlebih dahulu. Setelah itu, sendok ketiga isi dengan 2/3 saja agar pas dengan 40 mL. Kamu pasti bisa memperkirakan batas pengisian untuk 2/3 karena lebih mudah dibandingkan dengan menentukan nilai 0,67.

40 mL Berapa Gelas

Meskipun volumenya cukup kecil, beberapa orang juga memutuskan untuk menggunakan takaran gelas. Dalam hal ini, gelas yang dipilih berukuran standar yaitu 200 mL yang sering digunakan sehari-hari. Dengan cara hitung yang sama, akan diperoleh nilai dari banyaknya gelas untuk volume tersebut.

Baca Juga:  100 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Ini Konversinya

1 gelas biasa = 200 mL

40 mL = … berapa gelas?

= 40 mL : 200 mL

= 0,2 gelas biasa

Mengetahui 1 sendok makan berapa mL menjadi dasar untuk menghitung volume cairan tertentu. Misalnya, cara hitung 40 mL berapa sendok makan adalah membagi nilai tersebut dengan daya tampung sendok sebanyak 15 mL. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh adalah 2,67 sendok makan.