225 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Takarannya

Saat memasak di rumah, setiap bahan yang digunakan tentu memiliki takaran. Jika tidak, maka rasa maupun hasil masakan yang diperoleh tidak akan bagus. Hal inilah yang menyebabkan cara untuk menakar suatu bahan penting untuk diketahui. Misalnya, bahan 225 gram berapa sendok makan.

Pengukuran massa dari suatu bahan umumnya menggunakan alat ukur yang dikenal sebagai timbangan. Seperti yang diketahui, terdapat berbagai jenis timbangan, termasuk untuk makanan yang bisa digunakan di rumah. Sayangnya, tidak semua orang mampu dan tertarik membeli timbangan.

Meskipun tidak memiliki timbangan, kamu tetap bisa mengukur setiap bahan saat memasak. Caranya adalah dengan menggunakan alat ukur alternatif yang mudah untuk ditemukan di dalam rumah. Alat yang dimaksud adalah sendok makan dengan berbagai ukuran serta material pembuatnya.

225 Gram Berapa Sendok Makan

Oleh karena jenis sendok makan cukup banyak, maka untuk memudahkan pengukuran sebaiknya pilih yang berukuran sedang. Sendok dengan ukuran tersebut memiliki volume kurang lebih 15 gram. Dengan begitu, kamu bisa mengukur jumlah bahan tertentu dengan takaran yang telah diketahui.

Baca Juga:  1/25 Kg Berapa Ons? Ini Cara Hitung, Rumus, dan Contohnya

Sebelum digunakan sebagai alat ukur bahan masakan, sendok makan lebih dulu dipakai saat menakar jumlah obat. Kamu tentu sudah sering melihat atau membaca petunjuk minum obat menggunakan takaran sendok makan. Jadi, alat tersebut memang sudah sering dipakai sebagai alat ukur alternatif.

Contoh:

1 sendok makan = 15 gram

225 gram = … sendok makan?

= 225 gram : 15 gram

= 15 sendok makan

Jadi, 225 gram setara dengan 15 sendok makan.

Akan tetapi, setiap bahan cenderung memiliki ukuran yang tidak sama sehingga nilai tersebut tidak selamanya sama. Misalnya, banyaknya tepung yang halus tentu akan berbeda dengan gula pasir yang berbentuk butiran. Jadi, 15 gram tersebut merupakan nilai secara umum, bukan nilai mutlak.

Takaran 1 Sendok Makan

Selain 225 gram berapa sendok makan, takaran dalam setiap bahan juga penting untuk diketahui. Tujuannya agar pengukuran bahan-bahan yang sering digunakan untuk memasak menjadi pas. Berikut ini terdapat beberapa takaran bahan masakan setiap satu sendok makan, diantaranya:

  • 1 sendok air : 5 gr
  • 1 sendok coklat bubuk : 7 gr
  • 1 sendok tepung terigu : 10 gr
  • 1 sendok tepung tapioka : 15 gr
  • 1 sendok tepung beras : 15 gr
  • 1 sendok tepung jagung : 15 gr
  • 1 sendok gula merah : 15 gr
  • 1 sendok mentega : 20 gr
  • 1 sendok gula pasir : 30 gr
Baca Juga:  0,1 kg Berapa Ons? Rumus Menghitung dan Contoh Soal

Menghitung 225 gram berapa sendok makan bisa menggunakan volume sendok secara umum yaitu 15 gram. Akan tetapi, jika jenis bahan yang akan diukur diketahui, dapat disesuaikan dengan daftar takaran 1 sendok makan yang telah dijelaskan diatas.