5 Kg Berapa Liter? Cara Menghitung dan Konversi Satuannya

Bppkibandung.id – Sebelum membahas jawaban dari 5 kg berapa liter, perlu kamu tahu terlebih dulu bahwa antara kg dan liter memiliki perbedaan dalam jenis satuannya. Kg sendiri merupakan jenis satuan yang digunakan untuk menghitung massa. Sedangkan liter merupakan satuan untuk menghitung volume.

Meski berbeda dalam jenis satuannya, namun antara kg ke liter bisa dikonversi hanya saja tidak bisa dikonversi secara langsung. Selain cara konversi yang tidak bisa langsung, hasil konversi juga tidak akan bisa baku atau tetap. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh jenis obyek yang diukur.

Dalam contoh kasusnya adalah antara beras dan gula pasir jika diukur dari kg ke liter maka hasilnya bisa sangat berbeda. Untuk itu menentukan nilai hasil 5 kg sama dengan berapa liter, maka harus ada penentuan jenis obyek terlebih dulu yang harus diukur.

Metode Konversi 5 kg Berapa Liter

Sebagaimana yang kita tahu, antara kg dan liter penggunaannya berbeda karena merupakan jenis satuan yang berbeda. Agar bisa mendapatkan hasil nilai dari kg ke liter, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan adanya dua jenis besarnya.

Baca Juga:  125 Gram Tepung Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Dua besaran yang dimaksud adalah massa dan massa jenis. Selain itu kamu harus tahu bahwa ada rumus praktis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan persoalan 5 kg setara berapa liter. Rumus yang dimaksud adalah:

Volume = massa ÷ massa jenis

Rumus di atas adalah cara atau metode praktis untuk mencari nilai volume yang satuannya adalah liter. Nilai massa pada rumus menggunakan satuan kilogram atau kg. Sedangkan nilai massa jenis menggunakan keduanya alias satuan kg/liter.

Massa jenis benda umumnya berbeda-beda. Jadi hasil yang diperoleh juga visa sangat berbeda satu sama lain. Untuk itu di bawah ini ada beberapa contoh soal untuk mencari nilai 5 kg berapa liter sesuai dengan obyek massa jenis:

1. Massa Jenis Beras

Diantara benda yang paling sering dikonversi dari kg ke liter adalah beras. Beras ini menurut standar umumnya punya nilai massa jenis 0,753 pada tiap kg nya. Maka jika diaplikasikan dalam rumus menjadi:

Volume = massa ÷ massa jenis

= 5 kg ÷ 0,753 kg/liter

Baca Juga:  350 mL Berapa Gelas Besar, Belimbing & Plastik? Ini Jawabannya

= 6,64 liter

Di sini satuan kg hilang karena adanya pembagian yang tidak hanya melibatkan angka, namun juta satuan yang membersamainya.

2. Massa Jenis Gula Pasir

Karena bentuknya berbeda, maka massa jenis beras dan gula pasir pun berbeda. Untuk itu nantinya meski menggunakan rumus yang sama hasilnya bisa sangat berbeda. Mari coba dengan rumus yang sama:

Volume = massa ÷ massa jenis

= 5 kg ÷ 0,849 kg/liter

= 5,88 atau 5,9 liter.

Jadi bisa disimpulkan bawah hasil dari berat 5 kg berapa liter bisa berubah-ubah tergantung dari massa jenis benda yang dihitung. Dari perhitungan rumus di atas, maka kamu hatus tahu dulu nilai massa jenis obyek yang akan dihitung. Dengan begitu akan lebih mudah melakukan konversi dari kg ke liter.