5 ml Berapa Sendok Makan? Konversi dan Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Sendok makan kian banyak digunakan sebagai alat ukur volume cairan karena dianggap lebih mudah dan praktis. Namun, rupanya masih banyak yang bingung ketika harus mengukur 5 ml berapa sendok makan.

Sendok makan digunakan untuk mengukur berbagai jenis cairan, termasuk obat, air, susu, sirup, dan minyak. Fungsinya tidak hanya terbatas pada kebutuhan memasak, tetapi juga berguna dalam menakar resep agar rasa konsisten.

Informasi takaran sendok makan sering disertakan dalam panduan penggunaan obat cair atau sirup. Takaran ini juga berguna dalam menyiapkan minuman campuran atau koktail. Lantas, 5ml berapa sendok makan? Ikuti penjelasannya di bawah ini!

1 Sendok Makan Berapa ml?

Setiap sendok makan pada dasarnya memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada modelnya. Menurut informasi dari laman Medline Plus, ukuran yang umumnya disepakati untuk 1 sendok makan setara dengan 15 ml (mililiter).

Oleh karena itu, kamu dapat menyesuaikan takarannya dengan menggunakan pedoman berikut:

  • ¼ sendok makan = 3,75 ml
  • ½ sendok makan = 7,5 ml
  • ¾ sendok makan = 11,25 ml
  • 1 sendok makan = 15 ml
  • 3 sendok makan = 45 ml
  • 4 sendok makan = 60 ml
  • 5 sendok makan = 75 ml
  • 8 sendok makan = 120 ml
  • 10 sendok makan = 150 ml
Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Menghitung dan Arti Satuan Cth

Meskipun demikian, pengukuran dengan sendok makan tidak selalu akurat dan konsisten. Namun, untuk mendapatkan hasil volume yang lebih tepat, disarankan menggunakan alat pengukur seperti sendok takar atau pipet.

5 ml Berapa Sendok Makan?

Setelah mengetahui berapa mililiter yang setara dengan satu sendok makan, sekarang kamu dapat mengonversi volume dalam 5 ml ke dalam jumlah sendok makan. Untuk melakukan perhitungannya, kita dapat menggunakan rumus berikut:

Jumlah Sendok Makan = Jumlah mililiter / mililiter per Sendok Makan

Sebagai contoh, jika kita memiliki 5 ml cairan dan setiap sendok makan setara dengan 15 ml, maka:

Jumlah Sendok Makan = 5 ml / 15 ml/sdm

Jumlah Sendok Makan = 1/3

Jadi, dapat disimpulkan bahwa 5 ml setara dengan 1/3 sendok makan.

Meskipun demikian, penggunaan sendok makan sebagai alat ukur tidak selalu akurat karena ukurannya yang bervariasi. Namun, untuk takaran sirup, susu, atau jenis cairan lainnya bisa dilakukan dengan mudah dan aman melalui sendok makan.

Hanya saja, terdapat pengecualian pada penggunaan obat. Sebab, dosis yang kurang atau berlebihan dapat mempengaruhi efektivitas obat tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan alat takar yang disertakan dalam kemasan obat, seperti sendok takar obat, cup, atau tutup takar obat.

Baca Juga:  5 dm Berapa cm? Cara Menghitung Satuan Panjang Tercepat

Dari pembahasan cara mengonversi 5 ml berapa sendok makan di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlahnya setara dengan 1/3 sdm. Kendati demikian, dalam mengukur bahan untuk minuman atau masakan, disarankan untuk menggunakan sendok makan yang bersih dan aman.