300 mL Berapa Gelas? Cara Mengukur dan Menghitungnya

Bppkibandung.id – Gelas yang ada di dapur rumah ternyata memiliki fungsi lain disamping sebagai tempat minuman. Gelas dapat dipakai untuk menghitung volume cairan dalam satuan mililiter (ml). Misalnya 300 ml berapa gelas dapat diukur dengan mudah memakai gelas di dapur.

Alat yang digunakan untuk mengukur volume cairan yaitu gelas belimbing, atau gelas lainnya yang memiliki ukuran sama. Selain gelas belimbing, bisa juga memakai gelas bekas kemasan air mineral ataupun gelas plastik.

Mengukur 300 Ml Berapa Gelas

300 ml itu ada berapa gelas bisa saja berbeda-beda jawabannya, tergantung jenis gelas seperti apa yang dipakai untuk mengukur. Rata-rata gelas ukuran sedang atau gelas belimbing memiliki isi 200-250 ml, beda lagi kalau alat ukurnya memakai gelas bekas air mineral.

1. Mengukur dengan Gelas Belimbing

Pada umumnya orang memakai gelas belimbing untuk mengukur volume cairan, dengan ketentunan bahwa 1 gelas itu sama dengan 250 ml. Sehingga, kalau mengacu bahwa 1 gelas setara dengan 250 ml, maka sudah dapat dipastikan kalau 300 ml memerlukan lebih dari satu gelas cairan.

Baca Juga:  650 mL Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Sesuai Ukuran Gelas

Cara menghitungnya sederhana saja, tanpa harus menggunakan rumus yang rumit. Masukkan saja rumus 1 gelas belimbing itu berapa mililiter sebagaimana yang sudah dijelaskan. Menurut rumus bahwa 1 gelas belimbing sama dengan 250 ml, lalu pakai untuk menghitung 300 ml, yaitu :

  • 300/ 250 ml = 1,2 gelas

Sehingga kalau menghitung volume cairan menggunakan gelas belimbing, maka 300 ml itu sama dengan 1,2 gelas. Jadi, kamu memerlukan satu gelas belimbing dan 1/5 gelas (0,2) supaya mendapatkan volume 300 ml.

2. Mengukur dengan Gelas Air Mineral

Beda dengan gelas belimbing untuk menghitung isi cairan, kalau memakai gelas air mineral volumenya lebih sedikit. Meskipun begitu, kemasan  air mineral tetap bisa  dipakai untuk mengukur 300 ml berapa gelas tanpa harus menggunakan rumus yang sulit.

Yang perlu diketahui adalah berapa ml isi gelas air mineral supaya bisa mengukur 300 ml dengan tepat. Gelas kemasan air mineral rata-rata memiliki isi sebanyak 220 ml, sehingga volume tersebut dapat dijadikan sebagai patokan ketika menguku banyaknya cairan.

Baca Juga:  10200 dm Berapa km? Cara Hitung dan Konversi Satuan Panjang

Berapa gelas 300 mililiter itu kalau diukur memakai kemasan air mineral? Cara menghitungnya sama mudahnya dengan ketika memakai gelas belimbing. Jika memakai gelas kemasan air mineral, maka begini menghitungnya :

  • 300/ 220 ml = 1,363 gelas atau bisa dibulatkan menjadi 1,4 gelas.

Mengukur berapa banyak cairan dengan menggunakan gelas ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Ambil gelas belimbing lalu gunakan untuk mengukurnya, dengan asumsi 1 gelas setara 250 ml. Sehingga kalau 300 ml berapa gelas tinggal dibagi saja dengan 250 ml.

Besaran 1 gelas sama dengan 250 ml berlaku untuk gelas belimbing ataupun gelas lainnya yang seukuran. Tapi kalau memakai gelas bekas kemasan air mineral rumusnya menjadi beda lagi. Kalau 1 gelas belimbing isinya 250 ml, maka gelas air kemasan hanya 220 ml saja.