Air 1 Gelas Berapa mL? Cara Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – 1 gelas air itu ada berapa ml bukan pertanyaan yang asing lagi ditelinga. Menakar air sebanyak 1 gelas berapa ml membantu memudahkan pekerjaan ketika harus menggunakan cairan dengan ukuran tertentu, seperti membuat kue misalnya.

Kalau melihat ukuran gelas yang sering digunakan sehari-hari memang ada beberapa jenis dan tentunya mempunyai volume yang berbeda-beda. Namun, untuk menakar isi dengan satuan ml biasanya gelas yang dipakai adalah gelas belimbing.

Cara Menakar 1 Gelas Berapa Ml

Rumus umum yang disepakati bahwa 1 gelas belimbing isinya 250 ml. Meskipun ukurannya tidak bisa benar-benar tepat seperti kalau memakai gelas ukur, tapi selisihnya tidak banyak. Nah, kalau memakai rumus 1 gelas air itu 250 ml, maka menakar volume cairan menjadi lebih mudah.

1. Takaran dengan Gelas Belimbing

Kebanyakan orang menggunakan gelas belimbing sebagai takaran untuk mengetahui banyaknya cairan. Kalau menakar air menggunakan gelas belimbing, maka satu gelas sama dengan 250 ml. Takaran inilah yang sering dipakai orang sehari-hari untuk mengukur volume air atau cairan.

Baca Juga:  25 ML Berapa Sendok Makan? Cara Cepat Menghitungnya

Dengan menggunakan alat ukur yang sama, berapa ml 2 gelas itu? Cara menakarnya yaitu :

  • 250 ml = 1 gelas.
  • Volume 2 gelas = 500/250 ml = 2 gelas.

2. Takaran dengan Cangkir/ Mug

Selain menggunakan gelas, bisa juga memakai cangkir atau mug sebagai alat ukur volume air. Jika 1 gelas berapa ml adalah 250, maka jika menggunakan cangkir akan berbeda lagi. Isi cangkir atau mug lebih sedikit daripada gelas belimbing.

Berapa ml isi satu cangkir? Satu buah cangkir atau mug bisa memuat air sebanyak 200 ml. Sehingga kalau menggunakan mug, maka 1 gelas itu sama dengan 200 ml, bukan 250 ml. Jadi konversinya yaitu :

  • 1 gelas = 250 ml
  • 1 cangkir = 200 ml
  • 1 gelas = 250/200 ml = 1,6 cangkir

3. Takaran dengan Gelas Air Mineral

Gelas belimbing dan mug sama-sama bisa digunakan untuk menakar cairan dalam jumlah tertentu, misalnya 200 ml ataupun 250 ml. Bagaimana kalau tidak tersedia gelas belimbing dan cangkir/ mug? Tidak usah bingung, gunakan saja gelas bekas kemasan air mineral.

Baca Juga:  1 Ons Emas Berapa Gram? Cara Menghitung Sesuai Rumus

Berapa ml isi gelas air mineral itu? Kebanyakan kemasan air mineral isinya 220 ml, lebih sedikit daripada gelas belimbing dan lebih banyak dari isi cangkir. Jadi, kalau memakai gelas air mineral, angka patokannya adalah 220 ml.

Contohnya, air sebanyak 450 ml itu berapa gelas jika ditakar memakai kemasan air mineral? Cara menghitungnya yaitu :

  • 1 gelas air mineral = 220 ml
  • 450 ml = 450/220 ml = 2,045 gelas

Begitulah cara mudah untuk menakar 1 gelas berapa ml tanpa harus memakai gelas ukur dan peralatan lainnya, cukup memakai apa yang ada di rumah. menakar volume air bisa memakai gelas belimbing, cangkir/ mug ataupun gelas bekas air mineral.