1 Barel Berapa Liter Minyak? Cara Menghitung dan Ketetapannya

Bppkibandung.id – Mungkin sebagian besar dari kamu masih banyak yang belum tahu tentang satuan Barel. Satuan Barel biasanya digunakan untuk menakar produk minyak. Lantas 1 Barel berapa liter? Untuk mengetahui nilai Barel ke liter maka harus tahu dulu nilai konversi antara kedua satuan ini.

Adapun volume dari satuan Barel biasanya tidak pasti karena bergantung pada konteks penggunaan satuan tersebut. Jadi satuan Barel ini meski umumnya digunakan untuk minyak, namun terkadang juga bisa digunakan untuk takaran benda cair lain seperti anggur atau air.

Sehingga jawaban spesifik dari ukuran 1 Barel sama dengan berapa liter tidak bisa dipastikan. Hanya saja dalam kasus ini kita bisa menggunakan konteks seperti minyak yang lebih umum menggunakan satuan Barel. Dengan begitu 1 barel nantinya bisa dikonversi menjadi liter sesuai takaran minyak.

Mengenal Tentang Barel Bagi Minyak Dunia

Sebelum menghitung nilai 1 Barel itu berapa liter, mari kenali itu lebih dalam tentang Barel. Barel sendiri memiliki kepanjangan Blue Barrel yang artinya adalah tong biru.

Baca Juga:  1 hm Berapa km? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Ya, Barel ini adalah satuan namun bentuknya adalah tong yang berwarna biru tersebut. Dari sini bisa mulai ditelisik 1 Barel berapa liter berdasarkan standar takarannya.

Kamu pasti pernah menjumpai tong berwarna biru yang umumnya digunakan sebagai tempat minyak, tong inilah yang disebut dengan Barel. Satuan Barel mulai digunakan saat masuk abad ke 19. Dulunya orang menjual produk minyak ini menggunakan standar ukuran galon.

Penjualan galon dalam satu transaksi bisa mencapai 42 galon. Dari sinilah akhirnya ditetapkan bahwa 1 Barel sama dengan 42 galon. Sebenarnya penakaran minyak awalnya hanya 40 galon saja.

Namun untuk kepentingan pembeli seperti adanyavresiko kebocoran atau lainnya maka ditambah dengan 2 galon. Untuk itu hingga kini 1 Barel disetarakan dengan 42 galon. Standar inilah yang pada akhirnya digunakan di seluruh dunia alias menjadi standar internasional.

Nilai 1 Barel Berapa Liter

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, nilai 1 Barel memang standarnya sama dengan 42 galon. Namun ternyata ada beberapa versi konversi Barel ke Liter yang menampilkan hasil berbeda-beda berdasarkan standar U.S Department of Commerce. Berikut di bawah ini adalah beberapa versi nilai konversinya:

  • 1 US Gallon sama dengan 3,785 liter
  • 1 Barrel atau 42 Gallons setara dengan 158,973 liter atau dibulatkan jadi 159 liter.
  • 1 Blue Barrel sama dengan 42 US Gallons
  • 12 Blue Barrel setara dengan 504 US Gallons
Baca Juga:  100 Gram Berapa mL? Ini Rumus Konversi dan Cara Hitung

Jadi jika yang ditanyakan adalah 12 Blue Barrel sama dengan berapa liter maka perhitungannya bisa dengan 504 US Gallons × 158,973 liter. Sehingga hasilnya adalah 80,122 liter.

Dari daftar konversi sesuai standar yang sudah ditetapkan di atas, bisa diperoleh kesimpulan bahwa 1 Barel berapa liter? Maka jawabannya setara atau senilai dengan 158,973 liter yang kemudian dibulatkan menjadi 159 liter. Lantas jika ditanya 2 Barel berapa liter? Maka tinggal 159 dikalikan 2 yaitu 218 liter.